Home News BCB #04: Sehat Berseri, Bersepeda Menyusuri Kawasan Tamansari

BCB #04: Sehat Berseri, Bersepeda Menyusuri Kawasan Tamansari

183
0
Peserta Kegiatan Bersepeda Cagar Budaya (BCB) #04 dilaksanakan, Sabtu (9/1/20201), saat peserta istirahat sejenak dan foto bersama di dpan Taman Sari, Kraton, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Y. Sri Susilo)

BERNASNEWS.COM — Kegiatan Bersepeda Cagar Budaya (BCB) #04 dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Januari 2021. Start dan finish di Rumah Dinas (Rumdin) Kepala Bank Indonesia (BI) DIY di wilayah seputaran Sagan, Kota Yogyakarta. Rute BCB #04 mulai dari Sagan menuju Tugu Pal Putih, Kantor Kedaulatan Rakyat, BI Heritage, Masjid Gedhe, Kampung Kauman, Pasar Ngasem, Kawasan Cagar BudayaTamansari (Kampung Batik dan Cyber), Plengkung Gading, Pura Pakualaman dan berakhir di Rumdin Kepala BI DIY.

“Untuk diketahui BCB merupakan kegiatan beersepeda dalam kelompok kecil, maksimum 10 penggowes dan melewatai kawasan cagar budaya atau heritage di Yogyakarta,” jelas Y. Sri Susilo selaku koordinator BCB melalui rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Minggu (10/1/2021). Menurut Susilo, BCB dilaksanakan untuk sementara menggantikan kegiatan Bersepeda Normal Baru (BNB) yang melibatkan 30-40 penggowes namun karena kondisi pandemi untuk sementara ditiadakan.

Peserta BCB #04 foto mejeng di depan Masjid Gedhe, Kauman, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Y. Sri Susilo)

Dalam event BNB #04 diikuti oleh Hilman Tisnawan (Kepala BI DIY), Singgih Rahardjo (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Wawab Hermawan (Wakil Ketua KADIN DIY), Amirullah Setya Hardi (Wakil Ketua ISEI DIY), Bakti Wibawa (Kafegama DIY), Banu (BI DIY) dan Y. Sri Susilo (Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

“Event BNB ini merupakan bentuk nyata untuk mendukung program pariwisata yang berbasis quality tourism,” ungkap Hilman Tisnawan. Selanjutnya Hilman berharap adanya sinergi dari Pemerintah, dalam hal iniDinas Pariwisata DIY/Kota Yogyakarta, Pelaku Usaha Wisata meliputi,GIPI, ASITA, dan PHRI, Akademisi (ISEI dan PTN/PTS), serta media mendukung pengembengan wisata bersepeda cagar budaya (heritage).

“Dinas Pariwisata DIY telah siap dengan program pengembangan wisata bersepeda cagar budaya dan untuk itu dukungan pemangku kepentingan seperti dari pelaku usaha wisata, BI DIY, OJK DIY, ISEI DIY, PTN/PTS DIY, serta media sangat diperlukan agar progam yang diimplementasikan menjadi optimal,” kata Singgih Rahardjo.

Selanjutnya Singgih berharap dalam waktu dekat Dinas Pariwisata DIY dan BI DIY serta pemangku lain akan menyusun program yang dapat mengoptimalkan potensi wisata di Kampung Wisata dan Cyber Tamansari.

Sementara itu dikarenakan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan bermasyarakat (PPKM) di DIY selama 11 Januari-25 Januari 2021 maka kegiatan BCB untuk sementara ditiadakan, Selanjutnya BCB atau BNB akan diselenggarakan lagi setelah kondisi pandemi suda membaik. “Kami berharap anggota BCB dan BNB tetap berolahraga, termasuk bersepeda, namun secara pribadi/ individu dan tidak berkelompok,” tutup Y. Sri Susilo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here