Home News Batalion Infanteri 403/WP Melakukan Latihan Simpur Komputer 2020

Batalion Infanteri 403/WP Melakukan Latihan Simpur Komputer 2020

644
0
Peserta latihan simpur yang terdiri dari unsur Komandan, Staf Komandan dan staf Batalayon Infanteri Yonif 403/WP menyimak sambutan dari Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI AM Putranto S.Sos yang dibacakan Kasiopsrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Mustakim SIP mewakili Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan SIP MM pada acara pembukaan latihan Posko Simulasi Pertempuran (Simpur) Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratisra di Aula Yonif 403/Wirasada Pratista Yogyakarta, Selasa (25/8/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Korem 072/Pamungkas melakukan Latihan Posko Simulasi Pertempuran (Simpur) Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratisra di Aula Yonif 403/Wirasada Pratista Yogyakarta, mulai Selasa (25/8/2020) sampai 27 Agustus 2020.

Latihan tersebut dibuka oleh Kasiopsrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Mustakim SIP mewakili Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan SIP MM. Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI AM Putranto S.Sos dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kasiopsrem 072/Pamungkas mengatakan bahwa latihan Posko Simpur Komputer Yonif 403/WP untuk mendukung keberhasilan tugas pokok.

Karena itu, diperlukan kemampuan yang handal, baik perorangan maupun satuan, melalui latihan secara terprogram dan dilaksanakan bertahap, bertingkat dan berlanjut. Selain itu, latihan tersebut untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf unsur pelayanan, Komandan Satuan Bawah serta Komandan Satuan Perkuatan dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal Keterpaduan, kerjasama, koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan tehnik dan olah yudha.

Peserta latihan simpur Batalayon Infanteri Yonif 403/WP mendengarkan pengarahan pada pembukaan latihan Posko Simulasi Pertempuran (Simpur) Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratisra di Aula Yonif 403/Wirasada Pratista Yogyakarta, Selasa (25/8/2020). Foto : Istimewa

“Pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki dan prosedur hubungan komandan dan staf serta tata cara kerja yang berlaku dalam suatu latihan serta kemampuan Kodal Operasi Komandan yang diaplikasikan menggunakan Metode Latihan Simulasi Tempur yang berbasis teknologi komputer,” kata Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI AM Putranto S.Sos seperti dikutip Mayor CZI Agus Riyanto, Kapenrem 072/Pmk, dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Selasa (25/8/2020).

Menurut Kasiopsrem, sebelum latihan dilakukan berbagai persiapan oleh penyelenggara maupun pelaku latihan, mulai dari persiapan personel, materiil dan perlengkapan lainnya seperti perangkat komputer yang akan digunakan dalam mendukung kelancaran jalannya latihan.

Para peserta latihan simpur mengikuti briefing sebelum latihan Posko Simulasi Pertempuran (Simpur) Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratisra di Aula Yonif 403/Wirasada Pratista Yogyakarta, Selasa (25/8/2020). Foto : Istimewa

Selain kesiapan personel dan materil, juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan sebelum latihan di antaranya briefing, baik briefing kepada pelaku latihan maupun briefing kepada penyelenggara. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung mekanisme latihan. Peserta latihan simulasi tempur ini berjumlah 64 orang terdiri dari seluruh unsur Komandan dan staf Komandan dan staf Batalayon Infanteri Yonif 403/WP.

Latihan ini juga untuk memeihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi baik secara teknik yang dikaitkan dengan taktik maupun kerjasama melalui sistem komputer. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here