Home Seni Budaya Barahmus Gandeng ASITA Membangun Sinergi Meningkatkan Pariwisata DIY

Barahmus Gandeng ASITA Membangun Sinergi Meningkatkan Pariwisata DIY

144
0
Table talk hari kedua, Kamis (23/9/2021). Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – Dalam rangka merayakan Ulang Tahun ke-50, Barahmus (Badan Musyawarah Musea) DIY menyelenggarakan Table Talk dengan Tema “Inovasi dan Sinergi Museum Dalam Mendorong Bangkitnya Industri Pariwisata” dengan menggandeng Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) DIY untuk menggalang kolaborasi ke depan.

Acara yang digelar selama 2 hari, 22-23 September 2021 ini menghadirkan Ketua Panitia 50th Baramus DIY GKR Bendara, Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo, Ketua ASITA DIY Hery Setyawan dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. Dalam waktu dekat acara tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan MoU Barahmus DIY dan ASITA DIY untuk mempromosikan museum-museum DIY sebagai destinasi wisata yang menyenangan dan mencerdaskan.

Pada kesempatan itu, GKR Bendara berharap agar acara ini dapat menggalang kolaborasi dengan berbagai pihak agar mampu mendukung bangkitnya kembali kunjungan wisatawan ke museum sekaligus upaya mendorong pulihnya industri pariwisata terutama di DIY. Hal yang sama disampaikan oleh Ki Bambang Widodo agar acara tersebut juga menjadi momentum bagi museum-museum di DIY untuk membangun sinergi yang saling menguntungkan ke depan.

Table talk hari pertama, Rabu (22/9/2021). Foto: Istimewa

Sebaba, Yogyakarta dengan segala keunikannya telah menjadi daya tarik para wisatawan. Selain berbagai destinasi wisata dan aneka kulinernya, Yogyakarta juga memiliki 59 Museum dengan segala kekayaan dan keunikannya. Namun lebih dari satu tahun belakangan ini, industri pariwisata termasuk museum menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi covid 19. Penurunan tingkat kunjungan wisatawan, memaksa museum harus dapat melakukan berbagai inovasi  serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan promosi.

Acara yang dihadiri lebih dari 500 anggota ASITA dan para pelaku industri pariwisata dari berbagai kota ini menghadirkan narasumber dari 10 museum di DIY yaitu Kepala Museum Sonobudoyo Setyawan Sahli, Kepala Museum Taman Pintar Retno Yuliani, Kepala Museum Wayang Kekayon RM Donny S Megananda, Kepala Museum TNI AU Dirgantara Mandala Kol Yuto Nugroho, Duta Museum Keraton Eko Cahyo Saputro, Kepala Museum Ullen Sentalu Daniel Haryodiningrat, Pamong Budaya Ahli Muda Museum Benteng Vredeburg Mohamad Rosyid Ridlo, Kepala Museum Gumuk Pasir Putri Meissarah, Kepala Museum Gunung Merapi Juhartatik, serta Manager Operasional Museum Jogja Kembali Nanang Dwinarto.

Dalam kesempatan tersebut para narasumber menampilkan berbagai program yang mereka lakukan terutama dalam menghadapi masa pandemi serta inovasi dan tawaran menarik dari museum mereka, seperti keunikan koleksi, virtual tour maupun paket kerjasama lainnya.

Ketua ASITA DIY Hery Setyawan menyambut baik terselenggaranya acara ini dan dalam waktu dekat akan merealisasikan kerjasama antara ASITA dengan museum-museum di DIY dengan melakukan kesepakatan atau MOU untuk bersama-sama membuat paket-paket khusus untuk mendukung bangkitnya industri pariwisata di DIY khususnya dan Indonesia pada umumnya. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here