Home Seni Budaya Barahmus DIY Tetapkan Festival Museum Yogyakarta Digelar 2021

Barahmus DIY Tetapkan Festival Museum Yogyakarta Digelar 2021

113
0
Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd (keempat dari kanan) menyerahkan SK dan Sertifikat Anggota Barahmus DIY ke-39 kepada Ketua Museum Wayang Beber Sekartaji pada acara penutupan Raker Barahmus DIY di Hotel Grand Aston Yogyakarta, Rabu (14/10/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Rapat Kerja (Raker) Barahmus DIY mendukung program yang sudah dicanangkan oleh Ketua Umum Barahmus DIY untuk kembali menggelar Festival Museum Yogyakarta (FMY) tahun 2021 dalam rangka peringatan 50 tahun atau ulang tahun emas Barahmus DIY pada 7 Agustus 2021.

Hal itu merupakan salah satu keputusan Raker Barahmus DIY yang diselenggarakan di Hotel Grand Aston Yogyakarta, pada 13-14 Oktober 2020. Raker diikuti 52 peserta dari unsur Dewan Penasehat, Pengawas dan semua pengurus serta Kepala Museum Anggota Barahmus DIY.

“Dalam rangka peringatan 50 tahun atau ulang tahun emas Barahmus DIY pada 7 Agustus 2021, Raker Barahmus DIY mendukung program yang sudah dicanangkan oleh Ketua Umum Barahmus DIY untuk menyelenggarakan kembali Festival Museum Yogyakarta (FMY) tahun 2021. Rangkaian acara terdiri dari ziarah, bakti sosial, jalan sehat, penerbitan Buku 50 Tahun Barahmus DIY, seminar, pawai, pameran, pentas ketoprak dan wisata museum keistimewaan,” kata Ki Bambang Widodo SPd MPd, Ketua Umum Barahmus DIY, dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Rabu (14/10/2020) malam.

Peserta raker foto bersama pada acara penutupan raper di Grand Aston Yogyakarta, Rabu (14/10/2020). Foto : Istimewa

Bahkan dalam Raker itu, menurut Bambang Widodo, telah menetapkan Panitia FMY 2021 dengan komposisi terdiri dari Penanggungjawab Ketua Umum dan Wakil-wakil Ketua Umum Barahmus DIY, Panitia Pelaksana terdiri dari Ketua Umum GKR Bendara (Museum Karaton Yogyakarta), Ketua I Dr. Drs Hadjar Pamadhi MA.Hons (MPI UNY), Ketua II KRHT Daniel Haryodiningrat, M.Hum (Museum Ullen Sentalu), Ketua III Wismarini SS M.Hum (Museum Sejarah Purbakala Pleret) dan Ketua IV RM Donny Surya Megananda SSi MBA (Museum Wayang Kekayon Yogyakarta).

Kemudian, Sekretaris Umum RA Siti Amieroel (Museum Karaton Yogyakarta), Sekretaris I V Agus Sulistyo SPd MA (Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta) dan Sekretaris II Nanang Dwinarto (Museum Monjali). Bendahara Umum Isti Yunaida SS dan Bendahara Mayor Siti Karyatiningsih S.Kom (Museum TNI-AD Dharma Wiratama) dengan Anggota Asroni S.IP (Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta), Gatot Nugroho S.Pt (Museum Jenderal Besar HM Soeharto) dan Dr Ir KRT Nur Suhascaryo MT (Museum Geoteknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta).

Ketua Umum Barahmus DIY Bambang Widodo (kiri) menyerahkan keputusan Raker kepada Plt Kadisbud DIY yang diwakili Rully Andriadi SS, Rabu (14/10/2020). Foto : Istimewa

Dalam Raker itu juga menetapkan Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman DIY sebagai Dewan Pengawas Barahmus DIY Pengganti Antar Waktu (PAW) menggantikan Alm Dr Djoko Dwiyanto M.Hum dan Drs Siswanta MPd (Museum Laboratorium Sejarah UPY) sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi Barahmus DIY (PAW) menggantikan Drs Diah Tutuko Suryandaru yang pindah tugas sebagai Kepala Taman Budaya Yogyakarta.

Raker juga mengusulkan DIY sebagai tuan rumah pusat peringatan Hari Museum Indonesia ke-6 pada 12 Oktober 2021. Kemudian, menetapkan Museum Wayang Beber Sekartaji (Bantul) dan Museum Air Jogja Bay (Sleman) menjadi Anggota Barahmus DIY No 39 dan 40.

Raker ditutup oleh Ketua Umum Barahmus DIY dengan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan DIY yang telah memfasilitasi penyelenggaraan raker dengan Danais serta mengharapkan kerjasama dan gotong-royong semua museum DIY untuk menyukseskan FMY 2021. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here