Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeSeni BudayaBanyak Ragam Jenis Kebaya di Indonesia, PBI Dukung Upaya Kebaya Goes to...

Banyak Ragam Jenis Kebaya di Indonesia, PBI Dukung Upaya Kebaya Goes to UNESCO

bernasnews.com — Jenis kebaya yang sudah didaftarkan sebagai warisan budaya Indonesia baru Kebaya Kerancang asal DKI Jakarta dan Kebaya Labu dari Riau. Tapi untuk pendaftaran ke UNESCO, belum diputuskan jenis mana yang akan diajukan.

 Hal itu disampaikan oleh Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Bogor Sitawati Ken Utami saat menambahkan paparan Ketua Umum PBI Rahmi Hidayati beberapa waktu lalu, terkait dukungan PBI terhadap upaya pemerintah untuk mendaftarkan kepaya sebagai warisan budaya ke UNESCO.

“Seperti telah kita ketahui ada beberapa macam jenis kebaya antara lain, Kebaya Basiba, Kebaya Kutubaru, Kebaya Kerancang, Kebaya Kartini, Kebaya Noni dan lai-lain,” kata Sitawati.

Dikatakan, saat ini PBI yang memiliki sembilan cabang terus bergerak dengan mengadakan rangkain kegiatan berkebaya. Hal ini perlu terus dilakukan agar semakin banyak dukungan dari masyarakat, dan semakin difahami model busana yang mana yang disebut kebaya.

“PBI di cabang Bogor, Jakarta, Yogyakarta, Ambarawa, Banten, Pekalongan, Bali, Sumatera Utara dan Sumatera Barat sedang aktif-aktifnya mengadakan acara berkebaya,” ujar dia.

“Selain fashion show, diskusi, pawai dan jalan santai berkebaya, juga diadakan acara senam, sepedaan, dan naik gunung berkebaya,” imbuh Sitawati, yang juga memimpin tim Kurasi Lomba Foto Berkebaya yang akan diadakan dalam waktu dekat.

“Berbagai kegiatan itu menunjukkan bahwa kebaya bisa dipakai dimana saja, dengan beragam aktivitas. Mari sama-sama kita lestarikan kebaya,” pungkas dia (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments