Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBanyak Perempuan Sukses di Bidang Sains dan Teknologi

Banyak Perempuan Sukses di Bidang Sains dan Teknologi

bernasnews.com – Setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Tanggal tersebut merupakan kelahiran RA Kartini; seorang tokoh emansipasi wanita. Berkat perjuangannya, para perempuan mendapat kesempatan mengenyam pendidikan, sehingga wawasannya menjadi luas.

“Tidak hanya terbatas pada pendidikan saja, kini semakin banyak perempuan yang berkarir di luar rumah. Terbukanya kesempatan memperoleh pendidikan, dibarengi dengan kesempatan meniti karir di berbagai bidang, termasuk bidang sains dan teknologi. Banyak perempuan memiliki kemampuan sebanding, bahkan lebih tinggi dibanding kaum lelaki. Keuletan, ketekunan, dan ketelitian yang dimiliki perempuan dapat membuatnya menjadi lebih unggul. Karakter demikian sangat cocok sebagai peneliti, khususnya untuk bidang sains dan teknologi,” kata Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram (UWM) Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, M.P. yang dihubungi bernasnews.com melalui WhatsApp, Kamis (21/4/2022) malam.   

Menurut Prof Ambar, kemajuan sains dan teknologi sekarang ini juga banyak diwarnai oleh peran para perempuan. Misalnya penemu sekoci darurat yang bermanfaat untuk menyelamatkan jiwa manusia akibat bencana transportasi laut, ditemukan oleh Maria Beasely pada tahun 1882. Florence Parpart tahun 1900 telah menjadi pemegang hak paten atas mesin pembersih jalan. Temuannya tersebut telah dipasarkan dan dijual di berbagai kota di Amerika. Dia juga menciptakan kulkas modern di tahun 1914.

Ada Lovelace, programmer komputer pertama. Dialah yang mengembangkan mesin analitis yang dipakai untuk memrogram mesin dengan algoritme matematik. Hal itulah yang mendasari program komputer. Marie Curie, pemenang Nobel tahun 1903, dialah pelopor penelitian tentang radio aktif. Rosalind Franklin, yang terkenal dengan penemuannya tentang DNA. Dia juga ahli dalam bidang pindai sinar X dan struktur molekul.

“Masih banyak lagi perempuan hebat di bidang sains dan teknologi. Perempuan Indonesia yang juga hebat di bidang sains dan teknologi antara lain  Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D., peneliti dan dosen di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM Yogyakarta.  

Namanya masuk dalam daftar sepuluh ilmuwan berpengaruh dunia. Beliau menemukan terobosan biologis dalam mencegah penyakit demam berdarah dengue dengan memasukkan bakteri Wolbachia ke tubuh nyamuk Aedes Aegypti. Temuan tersebut mampu menurunkan 77% kasus demam berdarah di kota-kota besar di Indonesia.

Di balik kodratnya yang lembut, perempuan memiliki kepekaan dan ketelitian yang besar, sehingga mampu menciptakan sesuatu yang sangat berguna bagi perkembangan sains dan teknologi. Merekalah Kartini masa kini,” kata Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, M.P., Dosen Program Studi Teknologi Pangan; Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments