Home News Bank Sampah PELITA JATI Peringati HUT Pertama, Omset Mencapai Rp 600.000 Perbulan

Bank Sampah PELITA JATI Peringati HUT Pertama, Omset Mencapai Rp 600.000 Perbulan

208
0
Bank Sampah PELITA JATI, Perumahan Jatimas Permai, Jatisawit, Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman peringati HUT Pertama, Sabtu (23/1/2021). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Segenap pengurus Bank Sampah PELITA JATI, Perumahan Jatimas Permai, Jatisawit, Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman melakukan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pertama, Sabtu (23/1/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh 17 pengurus dan dihadiri oleh Kepala Dukuh Jatisawit, Sariyo itu juga sebagai pertemuan pengurus untuk evaluasi serta penyegaran pengurus. Acara peringatan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dukuh Jatisawit , kemudian potongan tumpeng diserahkan kepada Ketua Bank Sampah PELITA JATI Elyn Suharwati, disertai harapan bank sampah yang dikelola dapat semakin berkembang.

Pemotongan tumpeng oleh Kepala Dukuh Jati Sawit, Sariyo yang juga sebagai Penasehat Bank Sampah PELITA JATI, Sabtu (23/1/2021). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

“Selain untuk peduli lingkungan juga diharapkan bank sampah bisa mengelola barang bekas yang tidak terpakai menjadi barang yang berguna, dengan memanfaatkan barang- barang bekas yang sudah menjadi sampah,” ucap Sariyo, yang juga sebagai Penasihat Bank Sampah PELITA JATI.

Menurut Sariyo, dengan pemanfaatan barang bekas yang diolah kembali atau recycling secara kreatif nantinya bisa mempunyai nilai lebih untuk menaikan perekonomian nasabahnya atau secara umum warga Jatimas.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Bank Sampah PELITA JATI Elyn Suharmawati mengatakan, bahwa seiring dengan berjalannya waktu serta meningkatnya kesadaran warga jumlah nasabah semakin bertambah. “Awal terbentuknya nasabah hanya 15 orang, namun kurun dalam satu tahun ini nasabah sudah mencapai 55 orang. Dengan omset rata- rata sampah yang terjual berkisar Rp 600.000 perbulan,” ungkap Elyn.

Ketua Bank Sampah PELITA JATI Elyn Suharmawati menerima potongan tumpeng tanda syukur peringatan HUT Pertama Bank Sampah PELITA JATI. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Dikatakan, bahwa Bank Sampah PELITA JATI sudah masuk jadi anggota Jejaring Pengelola Sampah Mandiri Kabupaten Sleman. Sehingga dukungan dari semua warga agar peduli lingkungan dengan mengumpulkan dan memanfaatkan barang bekas yang dimilikinya.

“Untuk sementara penimbangan barang bekas atau sampah dilaksanakan setiap dua minggu sekali, pada setiap hari Minggu, pukul 09:00 -11.00 WIB,” ujarnya. Seperti motto bank sampah pada umumnya yaitu sampah menjadi berkah, lanjut Elyn, berharap Bank Sampah PELITA JATI akan terus berkembang dan bisa lebih menambah perekonomian para nasabahnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here