Home News Bank Sampah Lestari Wakili Candimulyo Maju Lomba Tingkat Kabupaten Magelang

Bank Sampah Lestari Wakili Candimulyo Maju Lomba Tingkat Kabupaten Magelang

844
0
Camat dan Kapolsek Candimulyo, Kepala Desa Candimulyo serta Kepala Dusun maupun pengurus Bank Sampah Lestari Dusun Karang foto bersama di sela-sela lomba bank sampah tingkat Kabupaten Magelang, Selasa (25/2/2020). Foto : Krismunanto

BERNASNEWS.COM — Bank Sampah Lestari dari Dusun Karang, Desa Candimulyo mewakili Kecamatan Candimulyo dalam lomba bank sampah tingkat Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (25/2/2/2020). Dalam lomba yang diikuti 50 peserta dan berlangsung meriah itu, tim penilai/juri dari Kabupaten Magelang disambut dengan kesenian drumblek.

Lomba bank sampah tingkat Kabupaten Magelang ini dalam rangka peningkatan peran serta masyarakat dalam pengurangan sampah dan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) serta HUT Kota Mungkid, Kabupaten Magelang tahun 2020, yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang.

Kesenian drumblek menyambut kedatangan tim juri lomba bank sampah, Selasa (25/2/2020). Foto : Krismunanto

Krismunanto, warga Dusun Karang, Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang ketika dihubungi Bernasnews.com, Rabu (26/2/2020) mengatakan, lomba bank sampah antara lain dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah organik.

Hal ini juga sejalan dengan visi Bank Sampah Lestari Dusun Karang yakni mewujudkan masyarakat peduli lingkungan dan bertekad menjadi pelopor pengolahan sampah yang ramah lingkungan di Dusun Karang RT 04/RW 02 Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo.

Sementara misi Bank Sampah Lestari adalah membangun masyarakat yang sadar lingkungan dengan pengolahan sampah yang ada serta dapat menjadikan permukiman yang bersih, sehat dan nyaman.

pot-pot bibit tanaman dari sampah yang diproduksi Bank Sampah Lestari. Foto : Krismunanto

Selain itu, menurut Krismunanto, terus menambah ilmu untuk kemajuan Bank Sampah Lestari dengan melakukan studi banding ke bank sampah yang lebih berpengalaman, mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, dari pemerintah maupun bank sampah, agar menambah pengalaman dan pengetahuan dalam peningkatan Bank Sampah Lestari.

Kemudian, memberi pengetahuan tentang pentingnya pengolahan sampah kepada generasi muda di lingkungan sekitar dan mengikuti berbagai pegiatan dalam ranah pemberdayaan Bank Sampah Lestari yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun lembaga resmi lainnya.

Bank Sampah Lestari Dusun Karang, Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Selasa (25/2/2020). Foto : Krismunanto

Dikatakan, ada beberapa indikator atau kriteria penilaian dalam tersebut, antara lain adanya perencanaan kegiatan atau program kerja yang jelas dan teragendakan yang dicatat dalam buku dan papan tulis selama setahun. Dan perencanaan melibatkan masyarakat.

Selain itu, ada catatan tentang pelaksanaan rogram kerja yang terealisasi maupun yang tidak dalam buku kegiatan. Kemudian, apakah seluruh rencana kegiatan dilaksanakan atau hanya sebagian atah bahkan sama sekali tidak dilaksanakan.

Kemudian, menurut Krismunanto, bagaimana dukungan kebijakan pengelolaan sampah dan bentuk dukungan dari kecamatan/ desa seperti surat/instruksi dari camat/desa serta dukungan dana dari pemerintah.

“Apakah ada atau tidak anggaran untuk kegiatan bank sampah dari desa/ kecamatan/ puskesmas/ instansi oemerintah lain (selain dari kabupaten) atau dari CSR lembaga/instansi sswasta atau pemerintah. Ini juga harus tercatat dalam buku,” kata Krismunanto yang juga aktif dalam pengelolaan Bank Sampah Lestari Dusun Karang.

Susunan pengurus Bank Sampah Lestari Dusun Karang, Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Foto : Krismunanto

Indikator lain adalah bagaimana peran serta masyarak dan bentuk dukungan masyarakat tentang keberadaan banksampah, seperti tenaga dan dana/material, tenaga atau material saja, sarana dan prasarana yang wajib ada di Bank Sampah seperti timbangan, kemudian diikuti dengan sekretariat/gedung lapak sampah. Dan bila pinjam, harus ada MoU. “Banyak indikator dan kriteria yang dinilai. Dan Bank Sampah Lestari memenuhi indikator/kriteria tersebut,” kata Krismunanto.

Pengurus Bank Sampah Lestari Dusun Karang terdiri dari Pelindung Kepala Desa Candimulyo Maryadi, Penasihat Kepala Dusun Karang Aryadi Cahyono dan Ketua BPD Siti Ardaniyati, dengan Ketua Cahya Aditya Putra dan Fitri Apriliana. Kemudian Sekretaris Epi Wardani dan Ririt Rahmamiranti serta Bendahara Iskoliyah dan Badiyah. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here