Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiBank BI DIY Siapkan Sejumlah Skema Keuangan di Bulan Ramadhan dan Idul...

Bank BI DIY Siapkan Sejumlah Skema Keuangan di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

bernasnews.com – Selama bulan Ramadhan dan peesiapan Hari Raya Idul Fitri, Bank BI DIY menyiapkan sejumlah skema untuk menghadapi transaksi keuangan. Pada tahun ini, mereka menyiapkan sebesar Rp 4,2 triliun uang kartal. Jumlah tersebut naik sebesar 4 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Perwakilan BI Daerah Istimewa Yogyakarta, Budiharto Setyawan mengatakan saat ini pertumbuhan ekonomi nampak ditambah lagi peningkatan transaksi terjadi di bulan Ramadhan terutama menjelang lebaran. Karenanya, sejumlah skema telah disiapkan untuk menghadapi hal itu.

“Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai,” ujarnya dalam keterangan yang diterima pada Selasa (12/4/2022).

Tiga skema yang disiapkan untuk mendukung kelancaran sistem pembayaran nasional maupun kegiatan perekonomian diantaranya menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup serta layanan penukaran uang di seluruh Indonesia di periode Ramadan maupun Idul Fitri. Selain itu, mereka juga mendorong transaksi pembayaran non tunai. Mereka juga menyiapkan sistem dan layanan kritikal BI untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan non tunai) serta sistem pembayaran yang diselenggarakan industri.

Sementara bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang tunai jelang Idul Fitri, Budiharto menyebut bahwa mereka telah menyiapkan 2 skema. Skema pertama penukaran uang di Perbankan, mulai 4-29 April 2022 di 48 titik penukaran di bank di seluruh Yogyakarta.

Sementara, penukaran uang di mobil keliling akan dimulai tanggal 12 April 2022. Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR sebelum hadir ke lokasi kas keliling.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan pemesanan antrian penukaran dan dapat memilih lokasi kegiatan kas keliling yang terdekat dengan domisili penukar di wilayah DIY,” pungkasnya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments