Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBanjir Lahar Dingin Terjang Sungai Gendol, Satu Truk Dilaporkan Terjebak

Banjir Lahar Dingin Terjang Sungai Gendol, Satu Truk Dilaporkan Terjebak

bernasnews.com – Banjir lahar dingin yang menerjang Sungai Gendol, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta pada Selasa (19/4/2022) membuat sebuah truk terjebak. Berbagai foto memperlihatkan truk tersebut tertimbun material yang dibawa oleh aliran banjir lahar dingin di Sungai Gendol.

Laporan dari TRC Jateng yang diterima oleh bernasnews.com menyebut visual Gunung Merapi tidak nampak dan sinyal meliuk pada 10.45 WIB. Kemudian pada pukul 11:35 WIB tiba-tiba aliran datang dengan intensitas sedang. Satu armada muat manual yang menghadap utara awalnya sudah diperingatkan untuk putar balik namun aliran banjir datang dan membuat supir terjebak.

“Ketika dimulai menaikkan pasir tersebut tiba-tiba diteriaki warga karena ada banjir, dan korban berusaha meninggalkan tempat tersebut akan tetapi roda truk selip dan tidak bisa pergi karena banyak armada yang berusaha pergi juga, sementara air sudah mengalir,” sebut dalam laporan yang diterima.

Korban yakni pengemudi truk Nyamin (36) dan sejumlah penambang pasir lainnya berhasil menyelamatkan diri. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir lahar dingin di Sungai Gendol.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logika BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan saat ini tim relawan berusaha melakukan evakuasi truk menggunakan alat berat. Selain itu mereka juga terus memantau keadaan perkembangan cuaca di lapangan.

“Saat ini sudah proses evakuasi truk yang tertimbun material. Para penambang diharapkan untuk memperhatikan peringatan dini petugas di lapangan. Utamakan keselamatan,” tegasnya.***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments