Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsBangkitkan UMKM Ekonomi Kreatif Melalui Golf Tournament

Bangkitkan UMKM Ekonomi Kreatif Melalui Golf Tournament

bernasnews.com – Borobudur Golf, Merapi Golf dan Barka Corporation, bersama Kemenparekraf, Dinas Pariwisata DIY, dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah (Jateng), beserta komunitas-komunitas golf di DIY – Jateng meluncurkan produk wisata berporos Golf Tournament.

Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari per bulan untuk satu tahun kedepan, bertajuk Borobudur Merapi (BoMer) Golf Tournament Series, yang merupakan salah satu inisiatif program yang mampu mempromosikan UNESCO Heritage Borobudur dan UNESCO Biosfer Gunung Merapi.

Sementara itu, pada tanggal 22-23 Maret 2022 mendatang akan menyelenggarakan turnamen dengan tema ‘Creative Economy’. Harapannya turnamen golf ini dapat membangkitkan dan mengenalkan produk-produk UMKM DIY-Jateng  kepada golfer yang datang dari seluruh Indonesia.

Salah satu event turnamen golf yamg akan diselenggarakan . (Foto: Istimewa)

Representasi dari “Creative Economy” ini nantinya dalam bentuk pameran karya produk lokal Indonesia serta mengangkat cinta produk Indonesia. Melalui pameran ini dapat memperkenalkan karya kreatif dan produk unggulan dari pengrajin kepada golfer yang telah hadir.

Tentunya merupakan salah satu solusi bagi UMKM bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Selain hal tersebut, kehadiran BoMer memberikan domino efek yang positif terhadap dunia perhotelan, transportasi, kuliner hingga berbagai destinasi wisata sekitar DIY-Jateng.

Harapan kedepannya terciptanya sport tourism sehingga para peserta turnamen mendapatkan pengalaman beyond permainan golf tersebut. Turnamen ini mendapat dukungan penuh dari Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY.

“Pertandingan golf ini diadakan setiap bulan, sehingga harapan saya, dengan demikian mempunyai aktivitas yang semakin baik. Bagaimanapun seluruh program pariwisata akan mendukung penuh program pemerintah pengembangan Borobudur dan Kawasan Joglo Semar. Ada airport international YIA, saya kira prospeknya akan lebih baik, ” tutur Sultan HB X.

Seorang pemain golf tetap lakukan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker pada event turnamen golf beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Selain itu, lanjut Sultan HB X, melalui turnamen ini diharapkan mampu mengangkat golf DIY tidak hanya di level nasional saja namun di level internasional serta dapat menjadi momentum pembenahan infrastruktur golf di wilayah DIY.

“BoMer Golf Tournament dapat menjadi event untuk wisatawan khususnya golfer, dengan harapan mereka mempunyai kemauan berwisata sekaligus melakukan permainan golf di lain tempat,” tegas Gubernur DIY, yang juga Raja Mataram Yogyakarta.

Ketua Komite BoMer, Boy Arvadino Hadisantoso menjelaskan, bahwa sejauh ini sudah ada 120 pemain golf yang registrasi untuk turnamen Creative Economy dari seluruh Indonesia dan harapannya akan terus meningkat.

“Meluncurkan turnamen ini  bukan hanya untuk keuntungan semata namun dapat memberikan dampak bagi masyarakat sekitar atas kondisi yang melanda pariwisata dan perekonomian,” ungkap Boy, melalui rilis, Sabtu (19/3/2022).

Menurut dia, terlebih event yang aman sebagai gateaway wisatawan dari hiruk-pikuknya kegiatan di masa pandemi Covid-19. “Karena tentunya kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Boy. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments