Home News Bandara Adisutjipto Sambut Tahun 2020 dengan Kirab Kereta Kencana

Bandara Adisutjipto Sambut Tahun 2020 dengan Kirab Kereta Kencana

512
0
Kirab Kereta Kencana Adisutjipto, Selasa (31/12/2019). (Foto: Ayusandra)

BERNASNEWS.COM – Menyambut momentum pergantian tahun menuju 2020, Bandara Internasional Adisutjipto menggelar kirab kereta kencana Adisutjipto, Selasa (31/12/2019). Kirab kali ini menjadi gelaran ketiga sejak kereta kencana Adisutjipto ditempatkan di Bandara Adisutjipto.

“Kirab kereta kencana ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya lokal dan ikut mendukung pariwisata Yogyakarta. Tujuan ini sejalan dengan komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) untuk mendongkrak potensi pariwisata di wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang serta semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandara, khususnya Bandara Adisutjipto,” terang General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama .

Bregada Nyi Ageng Serang yang turut memeriahkan Kirab Kereta Kencana Adisutjipto, Selasa (31/12/2019). (Foto: Ayusandra)

Kirab kereta kencana Adisutjipto ini melibatkan 228 orang bregada, yang terdiri antara lain Bregada Wira Waskita Lanud Adisutjipto, Bregada Nyi Ageng Serang, Bregada Yudo Manggolo. Kereta kencana Adisutjipto buatan tahun 1700 dan dimodifikasi oleh Gusti Bendoro Pangeran Haryo Yudhoningrat (adik Sri Sultan Hamengku Buwono X) tersebut ditarik oleh empat ekor kuda putih.

Menurut Agus Pandu Purnama, Bandara Adisutjipto merupakan bandara pertama yang menyelenggarakan kegiatan semacam ini sebagai agenda rutin di tanah air.

“Bedanya dengan tahun lalu, kali ini kami menghadirkan pula kreasi busana dari bahan limbah daur ulang ART Fashion Wiwiek Poenk pada rangkaian kirab, selain juga menghadirkan koleksi mobil klasik,” imbuhnya.

Kreasi busana dari bahan limbah daur ulang ART Fashion Wiwiek Poenk pada rangkaian kirab kereta kencana Adisutjipto, Selasa (31/12/2019). (Foto: Ayusandra)

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyambut baik insiaitif Bandara Adisutjipto dalam turut mengangkat potensi pariwisata Yogyakarta.

“Pada awal tahun 2020 nanti, kami akan memasukkan kirab kereta kencana Adisutjipto ini dalam kalender event Yogyakarta, agar masyarakat dapat semakin mengenal kearifan lokal yang dimiliki dan sekaligus dapat turut menarik kunjungan wisatawan ke Yogyakarta,” kata Singgih.

Sedangkan Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan bahwa kirab kereta kencana ini mendapat sambutan dari masyarakat kian meriah.

“Kegiatan ini menjadi daya tarik khusus, tidak hanya bagi masyarakat Yogyakarta namun juga setiap wisatawan yang berkunjung melalui Bandara Adistujipto,” kata Faik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here