Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeBahaya Air Fryer, Tidak Menjamin Makanan Lebih Sehat

Bahaya Air Fryer, Tidak Menjamin Makanan Lebih Sehat

bernasnews.com – Menggoreng tanpa minyak dengan air fryer kini tengah menjadi trend tersendiri. Banyak yang mengklaim bahwa menggoreng dengan air fryer membuat makanan lebih sehat, membantu bagi orang yang sedang berdiet dan lain sebagainya.

Dilansir dari Very Well Health, pada peinsipnya penggorengan udara atau air fryer ini bisa membuat makanan yang renyah meskipun menggunakan lebih sedikit minyak. Ini adalah teknik yang sangat berbeda dengan deep fry.

Cara kerjanya ialah, alat tersebut memanaskan makanan dan menggunakan kipas untuk mengedarkan tetesan minyak kecil dan udara panas di sekitar makanan. Kerenyahan yang dicapai adalah karena cairan dikeluarkan dari makanan dalam prosesnya.

Terlepas dari penggunaan lebih sedikit minyak yang disebut menyehatkan, ada sejumlah dampak negatif yang perlu Anda keahui. Apa saja bahaya air fryer? Simak pembahasannya berikut ini sebagaimana dioansir dari Medical News Today.

Air fryer tidak menjamin diet yang sehat
Teknik menggoreng dengan sedikit minyak memang diklaim lebih menyehatkan karena membatasi asupan lemak dari minyak. Akan tetapi itu bukan dijadikan alasan kemudian menggoreng makanan yang sebenarnya tidak dianjurkan saat diet dengan air fryer.
Tentu saja hal tersebut tidak akan menjamin diet Anda jauh lebih sehat hanya karena menggunakan air fryer. Untuk kesehatan yang optimal, orang harus fokus pada diet yang diisi dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Gorengan tetaplah gorengan
Menggoreng makanan belum tentu menyehatkan. Bahkan meski menggunakan air fryer yang menyehatkan karena tidak menggunakan banyak minyak atau lebih sedikit minyak pun tetaplah membuat makanan itu sebagai gorengan. Saat memasak secara berlebihan dengan minyak, akan selalu ada efek kesehatan yang terkait.

Air fryer dapat membuat senyawa berbahaya lainnya
Penggunaan air fryer disebut bisa mengurangi pembentukan akrilamida sebagaimana ditemukan dalam teknik deep fry. Akan tetapi, senyawa berbahaya lainnya masih bisa terbentuk.
Penggunaan air fry tidak hanya berisiko menimbulkan akrilamida, tetapi hidrokarbon aromatik polisiklik dan amina heterosiklik dapat dihasilkan dari semua pemasakan daging dengan suhu tinggi. Kedua senyawa tersebut memiliki hubungan dengan risiko kanker, menurut National Cancer Institute. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments