Home Seni Budaya Bagi yang Kepo, Inilah Makna Pemasangan Arca Singa Raksasa di Titik Nol...

Bagi yang Kepo, Inilah Makna Pemasangan Arca Singa Raksasa di Titik Nol Yogyakarta

517
0
Arca Singa Raksasa berbahan Alumunium, karya dari seniman Timbul Raharjo dari Kasongan, Kabupaten Bantul, DIY. Foto diambil Kamis (10/9/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Warganet pengguna jalan yang sering melintas di perempatan Titik Nol, Jalan Malioboro, Yogyakarta tentunya banyak yang penasaran dan ada rasa kepo atas pemasangan arca Singa Raksasa di area Titik Nol, tepatnya di depan Monumen Serangan Oemoem (SO) 1 Maret.

Inilah makna pemasangan arca Singa berbahan logam dengan ukuran yang tak lazim itu, apabila dicermati dari dekat karya seni yang diberi judul “Petangguh 2” itu juga telah diberi diskripsi atau keterangan oleh sang pembuatnya yakni Timbul Raharjo, seorang perupa dari Kasongan, Kabupaten Bantul, DIY. Lulusan ISI Yogyakarta.

Diskripsi karya Arca Singa Raksasa, dengan tema Petangguh 2, difoto Kamis (10/9/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Arca Singa itu berbahan plat alumunium, dengan ukuran Panjang 8,05 meter, Lebar 2,20 meter, Tinggi 2,35 meter, dibuat tahun 2020. “Karya ini sebagai salah satu karya yang menyimbulkan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta bagaikan Singa yang tangguh karena memiliki insan kreatif terbaik di Indonesia,” tulis Timbul Raharjo pada plat diskripsi karya tersebut.

Mereka adalah petarung tangguh dalam kreativitas. “Banyak anak muda berbakat dalam bidang budaya seni pertunjukan dan rupa, baik otodidak dan akademik yang mempengaruhi perkembangan seni dan budaya nasional,” ungkap Timbul Raharjo.

Selain makna itu, pemasangan arca Singa berukuran jumbo merupakan bagian dari pameran tunggal seniman kondang Timbul Raharjo yang bertemakan “Me Myselft & I” dengan sub-tema Transvestite Arts, tanggal 30 Agustus sampai 13 September 2020, di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo (Eks KONI), Jalan Pangurakan, Titik Nol, Yogyakarta. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here