Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
Home"Ayah Kukirimkan Doa" dari Tasya dan Jelita Membuat Terkesima

“Ayah Kukirimkan Doa” dari Tasya dan Jelita Membuat Terkesima

BERNASNEWS.COM – Ayah Kukirimkan doa/ Semoga engkau tenang di alam surga
Ayah Kanku ingat slalu/ Pengorbanan yang telah engkau berikan
AyahTerlalu cepat kau pergi/ Meninggalkan aku sendiri
Ayah Tak bisa aku ingkari/ Tanpa engkau hidupku terasa sunyi

PENGGALAN lagu syahdu berjudul “Ayah Kukirimkan Doa” yang dibawakan, Tasya dan Jelita, keduanya siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Kenteng, Sentolo, Kulon Progo, mampu membuat ribuan peserta Jalan Sehat Kemenag Kulon Progo, Kamis (12/12/2019), terharu dan terkesima.

Peserta yang antusias mengikuti rangkaian acara Jalan Sehat dan Gebyar Seni Madrasah memperingat HAB ke-74 Kemenag Kulon Progo, Kamis (12/12/2019). Foto : Drs Sutanto.

Bagaimana tidak, dua siswi yang masih kelas 1 dan 2 tersebut seakan menceriterakan pengalaman hidupnya yang kurang beruntung yang tak hidup bersama orangtuanya. Keduanya tinggal di Panti Asuhan Bina Usaadah Pandowan Galur, Kulon Progo.

Dengan kepolosan dua gadis cilik tersebut tidak grogi sedikit pun saat bernyanyi di hadapan dua ribu pasang mata yang mengikuti Jalan Sehat dan Gebyar Seni Madrasah yang digelar Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Kamis (12/12/2019).

Guru Olahraga sekaligus guru Bahasa Arab MI Muh Kenteng, Benny, mengatakan, bahwa dengan membawakan lagu tersebut seakan mewakili perasaan dua anak didiknya yang nasibnya kurang beruntung. “Keduanya memiliki mental luar biasa. Sama sekali tidak demam panggung di hadapan ribuan peserta yang menonton,” kata Benny.

Sedangkan lagu yang kedua dibawakan oleh Alfero Raditya putra berupa tembang lawas karya Rinto Harahap yang berjudul Ayah.

Bupati Sutedja saat memberikan sambutan pada acara Jalan Sehat dan Gebyar Seni Madrasah memperingat HAB ke-74 Kemenag Kulon Progo, Kamis (12/12/2019). Foto : Drs Sutanto

Penampilan MI Muh Kenteng tersebut merupakan bagian dari penampilan para siswa madrasah baik tingkat MI, MTs maupun MAN se-Kulon Progo. Beberapa penampilan lainnya adalah Seni Bela Diri (MI Ma`arif Nuha dan MIN 1 Kulon Progo), Gerakdan Lagu (MI Ma`arif Bojong), Senam Gema Mamere (MI Ma`arif Plampang), Tari Jaranan (MI Ibnu Mas`ud), Tari Kun Anta (MI Ma`arif Karangwuni), Nyanyi (MTsN 2 Kulon Progo dan MAN 2 Kulon Progo), Tari Angguk (MTsN 1 Kulon Progo), Band (MI Ma`arif Ngipik), Tari Wiyata Mandala (MAN 1 Kulon Progo),Reog Pakem Bujang Ganong (MI Ma`arif Sendang), Tari Tandur (MI Muh.Sentolo), Tari Saman (MTsN 4 Kulon Progo).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo Ahmad Fauzi mengungkapkan, dalam rangka HAB Kemenag yang ke-74, Kemenag Kulon Progo mengadakan beberapa kegiatan, di antaranya Jalan Sehat dan Gebyar Seni, Pembinaan Rohani berupa Pengajian Pejabat, Bakti Sosial, Lomba Olahraga, Upacara HAB Kemenag dan reward untuk pegawai.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo yang hadir pagi ini. Tak lupa kami berterimakasih  kepada Bapak Bupati, berkenan hadir dalam kegiatan ini sekaligus menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba film pendek. Semoga kegiatan yang kami adakan bermanfaat bagi warga Kemenag dan juga masyarakat,” katanya.

Kakan Kemenag juga menyampaikan langsung hadiah sepeda yang disiapkan kepada Ari dari MI GUPPI Panjatan.

Kakan Kemenag Kulon Progo memberikan hadiah sepeda kepada Ari (MI GUPPI Panjatan pada acara Jalan Sehat dan Gebyar Seni Madrasah memperingat HAB ke-74 Kemenag Kulon Progo, Kamis (12/12/2019). Foto : Drs Sutanto

Semantara Bupati Kulon Progo Sutedja mengajak segenap yang hadir dengan pekik “Salam Olahraga” dan dijawab “Jaya” oleh seluruh peserta. “Atas nama Pemerintah Daerah saya mengapresiasi dan menyambut gembira kegiatan ini, yang diselenggarakan dalam rangka HAB ke 74 Kemenag. Terkait Gebyar seni saya mengingatkan, bahwa kesenian ini bagian dari kebudayaan. Padahal yang namanya budaya sesungguhnhya adalah jati diri sebuah bangsa. Artinya jika kita tidak bisa melestarikan budaya maka kita akan kehilangan jatidiri sebagai sebuah bangsa,“ tandasnya.

Bupati juga menjelaskan tentang pentingnya olahraga termasuk jalan sehat. Beberapa manfaatnya adalah : menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, mencegah osteoporosis, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme tubuh menjaga kesehatkan jantung, mencegah diabetes, menurunkan kolestrol, membakar lemak. mencegah pikun. “Jaga tubuh yang ideal, yang kegemukan akan gampang strok, terlalu kurus tulang mudah patah,” kata Sutedja.

Usai memberikan sambutan bupati mengibaskan bendera start sebagai tanda jalan sehat dimulai. Peserta menyusuri jalan Dayakan-TBK-Polsek Pengasih-MAN 1 Kulon Progo-UNY-dan kembali ke halaman Kantor Kemenag Kulon Progo.

Sepakat dengan apa yang disampaikan bupati saat melepas jalan sehat, Guru Bahasa Indonesia MTsN 6 Kulon Progo Syabiq Syaf Nailazad SPd sangat senang dengan digelarnya kegiatan dalam rangka menyambut HAB Kemenag, sebab dengan adanya even tingkat Kabupaten bisa memperkuat silaturahiim dan ikatan emosional antar keluarga besar Kemenag Kulon Progo.

“Even tahunan ini tahun demi tahun dikemas semakin bagus. Doorprizenya juga makin banyak, pentas seni dari siswa madrasah juga makin menarik,” katanya. (Drs Sutanto, Guru MTsN 6 Kulon Progo).


spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments