Home Pendidikan Atma Jogja Tambah Guru Besar

Atma Jogja Tambah Guru Besar

195
0
Prof. Ir. Djoko Budiyanto S, M Eng, Ph D (kiri) menerima SK Mendikbud dari Rektor UAJY disaksikan Kepala dan Sekretaris LLDikti Wilayah V DIY. (Foto: Humas SAU UAJY)

BERNASNEWS.COM — Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) atau Atma Jogja menambah guru besar atau profesor baru di bidang Teknik Informatika. Guru besar tersebut adalah Prof. Ir. Djoko Budiyanto S, M Eng, Ph D dosen Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri UAJY.  Jabatan akademik guru besar tersebut diterima oleh Djoko Budiyanto berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan No. 152727/MPK/KP/2019 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen.

“SK tersebut diserahkan oleh Kepala LL Dikti Wilayah V DIY Prof. Dr. Didi Achjari, SE, M Comm, Akt kepada Rektor UAJY Prof. Dr. Ir. Yoyong Afriadi, kemudian diserahkan kepada Prof. Ir. Djoko Budiyanto S, M Eng. Ph D, di Kampus UAJY,” terang Humas Senat Akademik Universitas (SAU) UAJY/ Atma Jogja, Y. Susilo, di sela acara, Jumat (21/2/2020).

Prof. Ir. Djoko Budiyanto S, M Eng, Ph D. (Foto: Humas SAU UAJY)

Rektor UAJY dalam sambutan mengatakan, Atma Jogja bersyukur karena telah menambah satu guru besar, setelah satu guru besar pensiun. Dengan demikian UAJY saat ini memiliki tujuh guru besar. “Atma Jogja telah mempunyai program percepatan untuk menambah guru besar. Program termaksud adalah insentif untuk melakukan riset yang hasilnya diharuskan dapat terbit di jurnal yang bereputasi internasional, misalnya Scopus atau Word of Science,” ungkap Yoyong Afriadi.

Lanjut Yoyong, program lain adalah “recharge” bagi dosen untuk menambah wawasan di perguruan dalam dan luar negeri. Dan pada ujungnya dapat melakukan riset yang menghasilkan artikel yang terbit di jurnal yang terindeks internasional.

Sementara dalam sambutannya, Kepala LLDikti Wilayah V Prof. Dr. Didi Achjari, SE, M Comm, Akt, mengatakan, turut bersyukur karena UAJY telah menambah satu guru besar, diharapkan segera ada tambahan guru besar baru. Didi Achjari juga mengapresia, bahwa UAJY telah mempunyai program percepatan guru besar.

LLDikti Wilayah V telah melakukan “reformasi” khususnya dalam percepatan proses untuk kenaikan jabatan akademik, termasuk guru besar. “Diharapkan PTS di Yogyakarta juga melakukan “reformasi” sehingga proses pengurusan kenaikan jabatan akademik di tingkat fakultas dan universitas berjalan lebih cepat,” ujar Didi.

Djoko Budiyanto selaku guru besar baru UAJY mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, LLDikti Wilayah V DIY, dan UAJY karena telah membantu proses terbitnya SK Guru Besar atas namanya. Djoko juga berharap SK yang diterima akan “menular” kepada kolega lain di UAJY. “Selanjutnya jabatan guru besar ini tentu menjadikan ”cambuk” bagi saya, sebagai dosen dan peneliti harus meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang saya lakukan,” pungkasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here