Home News Atasi Banjir di Sintang, Pemerintah Bangun Bendungan Sungai Pinoh

Atasi Banjir di Sintang, Pemerintah Bangun Bendungan Sungai Pinoh

79
0
Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Daerah Aliran Sungai dan tangkapan hujan di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, Kalimantan Barat pada Rabu 8 Desember 2021. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Untuk mengatai banjir di Kabupaten Sintang, pemerintah pusat membuat program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Untuk jngka pendek, menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah membuat tanggul dari geotube yang diisi pasir yang dibangun di Kelurahan Ladang.

“Ini adalah solusi jangka pendek untuk mengendalikan banjir di Kabupaten Sintang. Pemerintah juga akan menanami kembali Daerah Aliran Sungai dan tangkapan hujan di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi,” kata Presiden Jokowi saat meninjau lokasi banjir bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Sintang pada Rabu 8 Desember 2021.

Sementara untuk jangka menengah, menurut Presiden Jokowi yang dikutip Bernasnews.com dari akun twitter @jokowi, pemerintah akan mengeruk danau, menata sistem pengaliran Sungai Kapuas hingga menyusun rencana besar pengendalian banjir di wilayah ini.

Selanjutnya untuk jangka panjang, kata Presiden Jokowi, pemerintah akan membangun Bendungan Sungai Pinoh dan pemeliharaan berkala sungai dan danau di wilayah sungai.

Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Daerah Aliran Sungai dan tangkapan hujan di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, Kalimantan Barat pada Rabu 8 Desember 2021. Foto: [email protected]

Menurut Presiden Jokowi, pada tahun 1990-an daerah ini menjadi kawasan pertambangan emas. “Hari ini, di bekas area tambang tadi, masyarakat menanam pohon sebagai upaya pemulihan lingkungan di area-area bekas tambang yang ada di Provinsi Kalimantan Barat,” kata Presiden Jokowi.

menyaksikan penyerahan bantuan mobil dapur umum dan perahu karet, juga bantuan sosial bagi masyarakat di halaman Detasemen Kesehatan Wilayah Sintang, Kalimantan Barat. Foto: [email protected]

Dalam kunjungan kerja di Sintang, Presiden Jokowi melakukan berbagai kegiatan. Selain meninjau lokasi bekas banjir dan melakukan penanaman pohon bersama warga, Presiden juga meresmikan Bandara Tebelian di Kabupten Sintang, Kalimantan Barat. Bandara yang dibangun di atas lahan seluas 153,6 hektar tersebut bisa melayani sekitar 75.000 penumpang per tahun. “Bandara ini penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga sempat menyaksikan penyerahan bantuan mobil dapur umum dan perahu karet, juga bantuan sosial bagi masyarakat di halaman Detasemen Kesehatan Wilayah Sintang, Kalimantan Barat. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here