Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanAsyiknya Tugas Meliput Wartawan Media Sekolah

Asyiknya Tugas Meliput Wartawan Media Sekolah

bernasnews.com – Menjadi wartawan media sekolah itu menyenangkan. Karena melalui pembelajaran di ekstrakurikuler jurnalistik, siswa memperoleh fasilitas majalah sekolah untuk menampung karya tulis siswa. Majalah sekolah terbit rutin dua kali setahun.

“Semua ekstrakurikuler di sekolah itu asyik, tapi ekstrakurikuler jurnalistik selain asyik juga menantang. Kami para siswa dapat menulis banyak kegiatan di sekolah maupun luar sekolah. Juga ada rubrik karya opini, fiksi dan sebagainya. Bagi yang suka jurnalistik atau literasi, ikut ekstrakurikuler ini dan mengelola majalah sekolahnya menyenangkan. Majalah sekolah kami bernama MIB, singkatan dari Majalah Idola Boda,” kata siswa kelas X MIPA SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, yang juga Pemimpin Redaksi MIB, Cameylia Shintya Pawestri kepada bernasnews.com melalui WhatsApp di Yogyakarta, Jumat (29/4/2022)     Salah satu pengalaman asyik itu adalah meliput even Moblle Legends Tournament (MLT) di sekolah, Rabu dan Kamis (27-28/4/2022). Shintya yang jadi panitya acara itu mendapat tugas dari pimpinan sekolah dan pendamping jurnalistik. Dia kemudian mengajak beberapa anggota redaksi MIB untuk meliput acara itu. Mereka adalah Aprilia Pasha Andini (XI IPS 2), Made Ghea Renanda Putri (X MIPA), dan Orlina Rifka Syalomitha Tahitu (XI IPS 2).

Aneka game dan lagu

Shintya dan kawan-kawan dalam laporan yang dikirimkan ke bernasnews.com mengemukakan, pada hari Rabu dan Kamis (27 dan 28 April 2022) pukul 15.00 WIB sampai selesai SMA BOPKRI 2 Yogyakarta mengadakan event Mobile Legends Tournament (MLT). Even disemarakkan dengan banyak stand yang menjual aneka makanan dan minuman. Even ini diselenggarakan oleh para siswa, guru, OSIS, dan diikuti masyarakat umum.

MLT diikuti peserta 155 siswa terdiri dari 31 kelompok dan setiap kelompok ada lima orang anggota. Kelas yang menyemarakkan stand adalah kelas X IBB, X MIPA, X IPS 1 dan 2, XI IBB, XI MIPA 1 dan 2, XI IPS 1 dan 2, serta GCC Team. Anggota setiap stand perkelasnya tiga sampai lima orang.

Acara ini juga dimeriahkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh bapak ibu guru dan beberapa siswa. Selain itu juga ada game dengan menjawab pertanyaan yang diberikan MC. Kalau menjawabnya benar, orang tersebut mendapatkan hadiah.

Pada kesempatan ini, MC memperkenalkan stand-stand makanan dan minuman dari setiap kelas. Siswa yang menjaga stand mulai memperkenalkan apa saja yang mereka jual. Seperti kelas X MIPA menjual milo, tea jus, dan makaroni, kelas X IBB menjual roti maryam, cappucino cincau, kelas XI MIPA 2 menjual milo dan donat, serta masih banyak lagi.

MLT hari kedua diadakan semifinal dan final. Even ini masih dimeriahkan dengan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh beberapa guru dan siswa, serta pembagian doorprize dengan menjawab pertanyaan dari MC.

Pada kesempatan ini ada segmen pemberian buku antologi cerpen kepada pemenang lomba cerpen dalam rangka Bulan Bahasa Oktober 2021. Mereka yang menerima buku tersebut adalah Rheyna, Yemima, Anindya, Hanara, Vasya, Ratu Shima, dan Najwa.

Setelah itu, diumumkan pemenang MLT. Untuk kategori tingkat SMP Juara 1 tim Redlist Imperial, Juara 2 tim Hore-Hore, dan Juara 3 tim Gedang Goreng. Lalu untuk kategori umum Juara 1 tim Rex Medico Esport, Juara 2 tim Blest Esport, dan Juara 3 tim Bantulan Pride. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments