Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomePendidikanAsyiknya Menjadi Pengelola Website OPD Kota Yogyakarta

Asyiknya Menjadi Pengelola Website OPD Kota Yogyakarta

BERNASNEWS.COM – Setiap profesi, pekerjaaan atau tugas, fungsi apa pun dan di mana pun pasti memiliki ciri khas, kisah, pergulatan, suka duka, karya dan harapan. Ada yang memulainya karena hobi, penugasan, perjuangan, sampai sebenarnya tidak diharapkan. Namun apa pun awalnya, yang penting proses sudah dijalani dan akhirnya ada yang menjadi suka dan berhasil.

Tidak terkecuali hal itu juga dialami oleh Mufid dari Bagian Admin Keuangan Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Fandi Irawan dari Bagian Umum dan Protokol, Dhiana Indriani dari Bagian Hukum atau Frans Indarto. Mereka bersama sejumlah peserta lain mengikuti Pelatihan Pengelolaan websiste Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Yogyakarta secara luring maupun daring.

Selama tiga hari, sejak Senin (14/2/2022) sampai Rabu (16/2) para peserta belajar dan berkarya bersama dengan staf teknis Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta dan praktisi media di laboratorium dinas setempat, Jalan Kenari 56 Yogyakarta. Kegiatan  ini diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kota Yogyakarta. Pelatihan hari kedua dibuka oleh Sub Koordinator Kelompok Substansi Humas dan Publikasi Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta Anna Fardiana, SS.

Tetap semangat bertugas

Dalam diskusi bersama yang dibimbing narasumber YB Margantoro, Staf Bagian Administrasi dan Keuangan Mufid mengatakan, pengelola website OPD merupakan ketugasan tambahan bagi dia. Meski ketugasan ini tidak linear dengan tugas pokok dan fungsi jabatan yang diampu, dia tetap berusaha semaksimal mungkin berkarya agar pekerjaan pada ketugasan ini dapat terlaksana dengan baik. Hal ini merupakan tantangan baginya.

“Susahnya menjadi administrator website OPD Bagian Administrasi dan Keuangan selain katerbatasan kemampuan saya, adalah memberi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Saya dan kolega di sini pun sering berinteraksi dan memberikan layanan kepada pegawai bagian lain dalam lingkup Pemkot Yogyakarta,” kata Mufid.

Staf Bagian Umum dan Protokol Fandi Irawan merasa senang dan mengapresiasi kegiatan pelatihan pengelolaan website OPD ini. Sebab dengan demikian, dia bersama teman admin web OPD lain dapat belajar dan berkarya bersama. Harapannya, website yang dia ampu dapat berkembang dan bermanfaat.

Hal yang kurang lebih sama juga dialami staf Bagian Hukum Dhian A Indriani. Dia mengaku, awalnya merasa bingung karena tulis menulis di website memang bidang keahliaannya. Namun lambat laun, tugas ini dapat dia nikmati. Bahkan kini dia sering merasa penasaran untuk mengembangkan materi tulisan berita di websitenya.

“Dengan semakin sering menulis, hal sekecil apapun yang terjadi di sekitar saya, dapat menumbuhkan rasa peduli dan kepekaan diri saya terhadap lingkungan sekitar. Dan pastinya, dengan menulis maka kemampuan saya dalam mengolah kata dan kalimat menjadi lebih terasah,” kata dia sambil tersenyum.

Frans Indarto dari tuan rumah menambahkan, menjadi pengelola website OPD Pemerintah Kota Yogyakarta berarti menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya penyampaian informasi kepada masyarakat. Misalnya tentang apa yang dilaksanakan dan diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam rangka memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat kota Yogyakarta.

“Untuk itu, perlu ada kerjasama dengan banyak pihak, perlu ada tim penyusun dan editor naskah, ada pembagian tugas yang jelas dan alur kerja yang dinamis, cepat dan terukur. Hal ini akan menghasilkan karya tulis yang berbobot, jelas, akurat karena ada proses riset dan cek ricek sebelum tulisan diunggah di website OPD. Masalahnya, belum tentu semua OPD memiliki personel yang cukup. Ada kalanya pengelola websiste OPD menjadi one man show, mengerjakan tugas dari A sampai Z,” kata Frans. (*/lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments