Home News Aspal Mengelupas, Bandara Adisutjipto Sempat Tutup Landasan Pacu

Aspal Mengelupas, Bandara Adisutjipto Sempat Tutup Landasan Pacu

382
0
Ilustrasi landasan pacu. (Foto: pixabay)

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 16 penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta terganggu akibat landasan pacu bandara tersebut mengelupas. Bahkan untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak pengelola bandara PT Angkasa Pura 1 menutup landasan mulai dari pukul jam 6.43 WIB sampai pukul 9.30 WIB.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengakui Landasan Pacu mengalami sedikit kerusakan sehingga diperlukan clear area selama pengerjaan landasan tersebut. Sehingga pihaknya terpaksa menutup landasan selama hampir 3 jam mulai pukul 06.43 WIB hingga 09.30 WIB.

“Kami melakukan runway closed pagi ini. Karena ada kerusakan di posisi 1.030 meter dari sisi utara dan lebih dari lima meter dari center line,”tutur Pandu, Jumat (29/11/2019).

Pandu mengakui untuk perbaikan titik kerusakan tersebut membutuhkan waktu sehingga ada beberapa penerbangan yang yang sempat terganggu. Pandu menyebut setidaknya ada enam penerbangan yang holding on ground atau tertahan 8 penerbangan divert atau pengalihan pendaratan serta dua penerbangan return to apron atau kembali ke tempat parkir.

Pihaknya memang menutup Landasan Pacu untuk perbaikan antarkan pukul 9.30 WIB. Namun pukul 8.45 WIB ternyata perbaikan sudah selesai dilakukan oleh petugas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto. Kendati demikian, Pandu mengakui penerbangan tidak bisa langsung dilaksanakan.

“Kami harus memastikan landasan benar-benar aman. Kami periksa semuanya,”tandasnya.

“Dan setelah semuanya clear, pukul 09.00 WIB penerbangan sudah bisa dilaksanakan,”ujarnya.

Pandu menambahkan hingga saat ini proses operasional bandara sudah berlangsung seperti biasanya. Pihaknya terus berusaha melakukan koordinasi dengan dan berbagai pihak yang berada di dalam bandara  terkait dengan operasional penutupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here