Home Pendidikan Asosiasi Arsitektur UII dan United Kingdom Inggris Kunjungi UWM

Asosiasi Arsitektur UII dan United Kingdom Inggris Kunjungi UWM

650
0
Dekan dan Dosen Fakultas Teknik UWM tengah berbincang dengan para tamu di Komplek nDalem Mangkubumen, Yogyakarta. (Foto: Dok. Humas UWM)

BERNASNEWS.COM — Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Widya Mataram (UWM) menerima kunjungan dari Asosiasi Arsitektur Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan United Kingdom (UK) Inggris, Kamis (2/1/2020), di Kampus UWM, nDalem Mangkubumen, Ngasem, Yogyakarta.

Rombongan yang dipimpin Dr. Yulianto Prihatmadji, ST, MT Dosen Arsitektur UII dan dari UK Inggris sendiri terdiri dari satu dosen dan 11 mahasiswa setaraf S1 diterima oleh Ketua Prodi Fakultas Teknik Ir. YE. Suharno, MT, IAI bersama bersama beberapa dosen di Fakultas Teknik UWM.

“Kunjungan tersebut diadakan dalam rangkaArchitectural Field Trip Of Mangkubumen Yogyakarta dengan maksud memperoleh gambaran sejarah bangunan Pendapa Agung dan Prabayeksa di Kompleks nDalem Mangkubumen,” papar Suharno.

Suharno menambahkan, rombongan juga diajak berkeliling melihat bangunan Proboyeksa yang rencananya akan direnovasi pada bulan Maret 2020.

Sementara Dosen Prodi Arsitektur UWM Desy Ayu Krisna Murti, ST, MSc, menjelaskan, nDalem Mangkubumen merupakan bangunan yang memiliki sejarah arsitektur dan budaya unggul. Bangunannya didirikan dari tahun 1874 hingga 1905 sebagai tempat tinggal bagi calon raja Kraton Yogyakarta yang merupakan calon Sultan Hamengku Buwono VII.

“Desain arsitektur nDalem Mangkubumen sebagai tempat tinggal calon raja hampir sama dengan desain arsitektur Kraton Yogyakarta. Desain arsitekturalnya berbeda dengan nDalem lain yang ada di Yogyakarta,” terang Desy. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here