Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiDapat Kepercayaan dari Pemerintah dan Masyarakat, KSP CU Dharma Bakti pada 2021...

Dapat Kepercayaan dari Pemerintah dan Masyarakat, KSP CU Dharma Bakti pada 2021 Tumbuh 22 Persen

BERNASNEWS.COM – Di tengah pandemi Covid-19, aset KSP CU Dharma Bakti tetap tambuh positif. Bahkan pada tahun 2021, aset KSP CU Dharma Bakti tumbuh cukup tinggi yakni sebesar 22 persen atau meningkat Rp 15,560 miliar lebih menjadi Rp 69,896 miliar lebih per 31 Desember 2021 dari tahun 2020 (per 31 Desember 2020) yang sebesar Rp 54,336 miliar lebih.

Pertumbuhan positif aset KSP CU Dharma Bakti di tengah pandemi Covid-19 tahun 2021 ini terjadi karena adanya kesadaran anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa dalam memenuhi kewajibannya, baik berupa simpanan modal sendiri maupun partisipasi terhadap simpanan non saham. Menurut data yang ada dari total aset KSP CU Dharma Bakti per 31 Desember 2021 sebesar Rp 69,896 miliar lebih, aset atau modal saham sebesar Rp 10,281 miliar lebih dan aset/modal non saham sebesar Rp 57,504 miliar lebih.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY (kiri) menyerahkan sertifikat penilain dengan predikat Sangat Berkualitas untuk KSP CU Dharma Bakti kepada Ketua KSP CU Dharma Bakti Theresia Sunardi Supartinah pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 secara terbatas dan tertulis di Gedung KSP CU Dharma Prima Kita Jalan Kebon Agung, Dusun Nganti, Sendangadi, Mlati, Sleman pada hari Sabtu, 29 Januari 2022.

“Pengurus dan pengawas serta pengelola terus berupaya untuk meyakinkan anggota agar bersama-sama membangun KSP CU Dharma Bakti supaya bisa menjadi koperasi yang mandiri, dengan cara sosialisasi dan pendidikan anggota yang berkelanjutan,” kata Ketua KSP CU Dharma Bakti Theresia Supartinah Sunardi yang dikutip Bernasnews.com dalam Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas KSP CU Dharma Bakti Tahun Buku 2021 yang disampaikan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 secara terbatas dan tertulis di Gedung KSP CU Dharma Prima Kita Jalan Kebon Agung, Dusun Nganti, Sendangadi, Mlati, Sleman pada hari Sabtu, 29 Januari 2022.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 KSP CU Dharma Bakti secara terbatas dan tertulis di Gedung KSP CU Dharma Prima Kita Jalan Kebon Agung, Dusun Nganti, Sendangadi, Mlati, Sleman pada hari Sabtu, 29 Januari 2022.

Selain mendapat kepercayaan dari masyarakat maupun anggota, KSP CU Dharma Bakti juga mendapat kepercayaan dari pemerintah. Hal terbukti KSP CU Dharma Bakti mendapat pinjaman modal dari pemerintah sebesar Rp 4,8 miliar melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikoro, Kecil dan Menengah (LPDP-KUMKM). LPDP-KUMKM merupakan lembaga pelaksana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diluncurkan pemerintah untuk membantu koperasi dan UMKM terdampak pandemi Covid-19. agar penurunan modal sendiri dan modal luar yang berpengaruh terhadap likuiditas selama pandemi Covid-19 dapat mengatasi lini fokus usaha-usaha anggota.

KSP CU Dharma Bakti juga mendapat penilaian positif dari Dinas Koperasi dan UKM DIY tahun 2021 dengan predikat Sangat Berkualitas. Sertifikat penghargaan itu disampaikan Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY pada RAT KSP CU Dharma Bakati pada Sabtu, 29 Januari 2022.

Selain aset yang meningkat mencapai 22 persen, menurut Theresia Supartinah Sunardi, penyaluran pinjaman kepada anggota selama tahun 2021 tetap tinggi yakni sebesar Rp 19,464 miliar lebih. Penyaluran pinjaman tersebut berpengaruh pada pendapatan KSP CU Dharma Bakti tahun 2021 yang meningkat 12 persen.

Para pejabat Muspika Mlati bersama Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Lurah Sendangadi foto bersama Ketua KSP CU Dharma Bakti Th Sunardi Supartinah dan Ketua Inkopdit Jatra Miguna DIY yang juga General Manager KSP CU Dharma Bakti Yosef Semana SH MH pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 secara terbatas dan tertulis di Gedung KSP CU Dharma Prima Kita Jalan Kebon Agung, Dusun Nganti, Sendangadi, Mlati, Sleman pada hari Sabtu, 29 Januari 2022.

“Pertumbuhan simpanan saham maupun non saham dan pencairan pinjaman tahun 2021 sebagai wujud kepercayaan anggota terhadap pengurus, pengawas dan pengelola KSP CU Dharma Bakti,” kata Theresia Supartinah Sunardi.

Sementara dari segi jumlah anggota, pada tahun 2021 jumlah anggota KSP CU Dharma Bakti sebanyak 5.785 orang dengan anggota baru sebanyak 224 orang. Sebanyak 278 orang anggota keluar pada tahun 2021, terdiri dari 118 orang meninggal dunia dan 160 orang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Sedangkan SHU (sisa hasil usaha) KSP CU Dharma Bakti tahun 2021 mencapai Rp 629,188 juta lebih atau 17,2 persen.

Menurut Theresia Supartinah Sunardi, sebagai lembaga jasa keuangan koperasi, ia patut bersyukur karena meski dalam situasi pandemi Covid-19, KSP CU Dharma Bakti tetap mampu eksis dalam melayani kebutuhan permodalan usaha anggota secara menyeluruh. Salah satu upaya yang dilakukan pengurus, pengawas dan pengelola adalah membangun kemitraan dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikoro, Kecil dan Menengah (LPDP-KUMKM) sebagai lembaga pelaksana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diluncurkan pemerintah untuk membantu koperasi dan UMKM terdampak pandemi Covid-19. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments