Home News Arsjad Rasjid, Calon Ketum Kadin Berupaya Pulihkan Kesehatan dan Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Arsjad Rasjid, Calon Ketum Kadin Berupaya Pulihkan Kesehatan dan Bangkitkan Ekonomi Indonesia

696
0
Kunjungan Arsjad Rasjid, Calon Ketua Umum KADIN, ke KADIN DIY. (Foto: Humas KADIN DIY)

BERNASNEWS.COM – Maju sebagai Ketua Umum Kadin (Kamar Dagang dan Industri), Arsjad Rasjid, inginkan perubahan baru yang ada di tubuh Kadin. Bersaing dengan Anindya Bakrie dalam pencalonan Ketua Kadin, Arsjad ingin memulihkan kesehatan dan membangkitkan ekonomi di Indonesia.

Melalui fokus tersebut, Arsjad Rasjid menilai bahwa mayoritas Kadin yang ada di Indonesia saat ini telah mati suri, yang juga banyak dialami di Pulau Jawa. Karena hal ini juga yang menyebabkan terjadinya dualisme di tubuh Kadin di tempat-tempat lain.

“80 persen daripada Kadin kabupaten kota di Indonesia, mostly di luar Jawa, itu mati suri. Hidupnya hanya untuk Munas,” ujar Arsjad Rasjid, di Yogyakarta Minggu (23/5/2021).

Menurut Rasjid, masalah ini harus dilihat melalui konteks hukum yang harus diperbaiki agar permasalahan dualisme dan mati suri di tubuh Kadin dapat terselesaikan, tanpa melupakan teman-teman pengusaha yang ada di tempat lain.

Di tengah pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, Rasjid mengajak untuk meninjau kembali struktur organisasi yang ada di tubuh Kadin. Hal ini dikarenakan banyaknya perubahan yang terjadi di dunia karena pandemi yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih.

Hal ini dapat diatasi dengan menjadikan struktur Kadin sebagai ‘cermin pemerintah’.

“Strukturnya (Kadin) juga kita selaraskan. Yaitu apa? Contoh, kemungkinan yang saya fokus adalah menjadi ‘cermin pemerintah’, mirror government. Kenapa? Karena Undang-Undang mengatakan kemitraan,” kata Arsjad.

“Arti kemitraan berarti kalau bicara di pemerintah ada Menko, semestinya di Kadin juga ada Menko. Kalau di pemerintah ada Menteri ESDM atau Menteri Keuangan, menteri semuanya, di Kadin juga mengerti Menkeu nya, punya Menteri ESDM nya, punya itu. Sama juga Dirjen nya. Ada Dirjen Pajak, Dirjen Keuangan, Dirjen Minerba, dan semua, kita ada,  ” sambung Arsjad.

Rasjid mengatakan bahwa mirror government ini akan menjaga struktur organisasi yang ada di Kadin.

“Supaya apa ? Strukturnya itu, kemitraannya terjadi seperti main bola, man to man marking. Menteri keuangan kita setelah menteri keuangan pemerintah. Menteri ESDM kita dengan menteri ESDM pemerintah, “ lanjut Rasjid. 

Arsjad Rasjid dalam pencalonannya sebagai Ketua Umum Kadin, telah mendapatkan dukungan dari berbagai Kadin di daerah, seperti Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan beberapa daerahnya. Dengan visi membangun Kadin yang inklusif dan kolaboratif, Arsjad berharap ia dapat membangun Kadin menjadi lebih baik lagi. (Triyoga Sandi Pamungkas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here