Home News Armada Pariwisata: Giat Memanasi Mesin dan Menjaga Kondisi Kendaraan Tetap Prima

Armada Pariwisata: Giat Memanasi Mesin dan Menjaga Kondisi Kendaraan Tetap Prima

551
0
Puluhan armada bis pariwisata dan belasan komunitas EMCI lakukan kegiatan "Manasi Mesin Bareng#2", Kamis (11/6/2020), di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Kendaraan roda empat atau lebih yang telah lama tidak dipakai atau dioperasionalkan terlalu lama maka dikhawatirkan akan bermasalah dikemudian hari apabila kendaraan tersebut dioperasionalkan kembali. Seperti halnya armada transportasi, khususnya transportasi untuk kepentingan pariwisata, keamanan dan kenyaman armada harus benar-benar menjadi perhatian.

Armada peserta kegiatan Manasi Mesin Bareng tampak memenuhi lapangan parkir obyek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten bantul, Kamis (11/6/2020). Foto: Istimewa.

Oleh sebab itu, dalam rangka menjaga kondisi kendaraan tetap prima dan menyambut dibukanya kembali pariwisata di era New Normal, rekan-rekan kru bis pariwisata kali keduanya menyelenggarakan kegiatan “Manasi Mesin Bareng”, Kamis (11/6/2020), Pukul 13:00 – 15:30 WIB, di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY. Kegiatan ini diikuti lebih dari 60 bis ukuran besar dan bis mikro, serta belasan armada pariwisata Elf yang tergabung dalam komunitas Elf Mania Cinta Indonesia (EMCI).

Driver, Kru, Anggota EMCI dan Tour Leader berbaur foto bersama usai acara silaturahmi dalam rangka kegiatan Manasi Mesin Bareng #2, di lokasi parkir Pantai Parangtritis, Bantul. (Foto: Istimewa)

“Kegiatan ini adalah murni inisiatif dari pribadi driver dan kru armada pariwisata. Sementara yang membedakan dengan kegiatan yang pertama (Sabtu, 31/5) lalu adalah start dari garasi masing-masing untuk menuju langsung tanpa konvoi ke Parangtritis. Peserta sekarang lebih banyak, itupun ada beberapa armada yang nggak jadi ikut nyusul karena ada kepentingan yang lain atau tahu jika pesertanya sudah mbludak,” ungkap Isnu Subagyo, salah satu driver bis pariwisata kepada Bernasnews.com.

Dalam kegiatan Manasi Mesin Bareng#2 juga dilakukan simulasi armada sesuai protokol kesehatan, terutama pengaturan jaga jarak untuk penumpang. (Foto: Istimewa)

Menurut Isnu Subagyo, bahwa acara ini hanya manasi mesin dan numpang parkir yang dilanjut dengan silaturahmi ngopi-ngopi bareng. Juga sharing antar driver, kru, dan beberapa Tour Leader (TL) yang kebetulan ikut, dalam hal kesiapan pelayanan jasa transportasi pariwisata sesuai standar protokol kesehatan era New Normal. Seperti, kru armada selalu pakai masker, kendaraan dilengkapi dengan handsanitizer dan masker, juga kursi kendaraan diatur sesuai ketentuan jaga jarak (phisycal distancing).

Sesuai protokol kesehatan driver bis pariwisata harus mengenakan masker dan sarung tangan. (Foto: Istimewa)

“Acara silaturahmi ini juga dihadiri oleh pengurus kampung setempat (Parangtritis) beserta Tim Gugus Tugas Covid-19 yang memberikan pengarahan kepada peserta pentingnya melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan no konvoi, no alkohol, no hiburan, sesuai protocol Covid-19 dan tidak melanggar tata tertib lalulintas di jalan raya. Mesin kendaraan panas lantas pulang, disertai doa harapan wabah Corona sirna, dunia pariwisata kembali berjaya,” tutup Isnu Subagyo penuh semangat. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here