Arjuna Kecil yang Menjadi Pahlawan Keluarga

    314
    0
    Arjuna (12 tahun), siswa SD Tamansiswa Jetis, Yogyakarta. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

    BERNASNEWS.COM — Arjuna dalam pewayangan adalah sosok kasatriya yang gagah dan pemberani, oleh sang dalang sering disebut sebagai lelanange jagad (sebagai pahlawan dan teladan) sangat tangguh dalam perjuangan juga berbakti kepada orang tua dan negaranya.

    Karakter itu juga tampak pada sosok Arjuna, siswa SD Tamansiswa Jetis, Yogyakarta. Arjuna kecil berusia 12 tahun ini demi rasa berbaktinya pada kedua orang tuanya, dalam mengisi liburan sekolah ikut berjuang mencari nafkah dengan berdagang keliling jalan kaki menjual aneka makanan kecil atau camilan.

    “Aneka makanan kecil atau camilan ini, kulakan dari toko langganannya yang kemudian dijual lagi dengan cara dijajakan keliling,” terang Arjuna, saat ditemui oleh Bernasnews.com, Jumat (27/11/2020), di sebuah resto, di wilayah Banguntapan, Bantul, DIY.

    Arjuna merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Sementara adiknya yang bungsu berusia 2 tahun tinggal bersama neneknya di Semarang, Jawa Tengah. Bapak ibu Arjuna juga berprofesi sebagai penjual makanan keliling. Kondisinya tentu sangat jauh beberbeda dengan Arjuna dalam cerita pewayangan yang seorang anak raja.

    Berangkat dari rumahnya di bilangan Cokrodiningratan, Arjuna naik bis Trans Jogja tujuan turun di Wirosaban. Kemudian menjajakan dagangannya dari warung ke warung atau rumah yang ada di pinggir jalan yang dilaluinya hingga sampai di daerah Dusun Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

    Arjuna kecil sore itu tampak letih namun dengan senyuman manis setiap menawarkan dagangannya kepada orang yang dijumpai, adalah bukti bahwa Arjuna yang masih belia itu memiliki semangat dan optimisme tinggi dalam menapaki kehidupan yang cukup keras ini baginya. (Nuning Harginingsih)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here