Home Pendidikan APTISI DIY Kembali Gelar Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama

APTISI DIY Kembali Gelar Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama

130
0
Ketua LLDikti Prof Dr Didi Achjati (kiri) dan Ketua APTISI DIY Prof Fathul Wahid saat memberi keterangan kepada wartawan terkaitprogram PMB bersama PTS anggota APTISI DIY di Kantor LLDikti DIY, Kamis (28/1/2021). Foto :Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) DIY kembali menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) bersama pada tahun akademik 2021/2022. Pendaftaran calon mahasiswa baru tersebut dilakukan melalui jogjaversitas.id. Dengan mendaftar melalui jogjaversitas.id, calon mahasiswa bisa memilih 3 program studi (prodi) lintas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di DIY sesuai yang diinginkan dengan hanya satu kali mendaftar.

“Dengan mendaftar melalui program PMB bersama melalui jogjaversitas.id, calon mahasiswa tidak dipungut biaya apa pun sehingga lebih efisien dan efektif. Apalagi pendaftaran bisa dilakukan kapan saja dan darimana saja. Baru ada biaya setelah mahasiswa diterima di PTS yang dipilih sesuai kebijakan masing-masing PTS,” kata Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, Ketua APTISI DIY, kepada wartawan di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Yogyakarta, Kamis (28/1/2021).

Prof Fathul Wahid bersama Ketua LLDikti Prof Dr Didi Achjari SE M.Com Akt mengatakan, program PMB bersama yang merupakan kerjasama APTISI DIY dan LLDikti Wilayah V DIY untuk membantu PTS anggota APTISI dan para calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran baru dengan mudah dan cepat serta efisien dan efektif di masa pandemi COVID-19.

Ketua LLDikti Prof Dr Didi Achjati (kiri) dan Ketua APTISI DIY Prof Fathul Wahid (kanan) di Kantor LLDikti DIY, Kamis (28/1/2021). Foto :Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dengan pola seleksi secara daring melalui jogjaversitas.id, menurut Prof Fathul Wahid, memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya yang berada di luar DIY, agar bisa mendaftar kuliah di berbagai perguruan tinggi swasta yang diinginkan di DIY tanpa harus keluar dari rumah.

“Kemudahan akses informasi ini juga merupakan bagian dari upaya mencegah resiko penularan atau penyebaran COVID-19,” kata Prof Fathul Wahid yang juga Rektor UII ini.

Menurut Prof Fahtul Wahid, pendaftaran calon mahasiwa baru melalui jogjaversitas.id tidak dipungut biaya. Baru setelah mahasiswa diterima, masing-masing PTS memiliki kebijakan terkait dengan biaya pendaftaran.

Dikatakan, bila calon mahasiswa tidak diterima pada 3 prodi yang dipilih, maka jogjaversitas.id akan memberikan rekomendasi prodi dari PTS yang sesuai dengan nilai rapor.

Menurut Prof Fathul Wahid, pada tahun akademik 20202021 atau tahun pertama PMB bersama diadakan, diikuti 349 program studi dari 72 PTS.Dan sebanyak 1.919 calon mahasiswa yang mendaftar melalui program tersebut dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ketua LLDikti Prof Dr Didi Achjati sangat mendukung proram PMB bersama yang dilakukan APTISI DIY. Sebab, program tersebut sangat membantu masyarakat, dalam hal ini calon mahasiswa baru dari luar DIY yang tidak bisa datang langsung ke DIY pada masa pandemi COVID-19.

Dengan PMB bersama, calon mahasiswa dieri kemudahan untuk mendapat akses masuk PTS yang diinginakan di DIY tanpa harus mengeluarkan biaya pendaftaran dan biaya transportasi karena tak perlu datang langsung ke DIY tapi cukup mendaftar dari rumah saja. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here