Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeEkonomiAPSSAI Bekerja Sama dengan Program Magister Akuntansi UII Gelar Webinar Nasional

APSSAI Bekerja Sama dengan Program Magister Akuntansi UII Gelar Webinar Nasional

BERNASNEWS.COM – Asosiasi Program Studi S2 Akuntansi Indonesia (APSSAI) bekerja sama dengan Prodi Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah DIY menggelar webinar nasional menggunakan platform Zoom pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 pukul 08:00-12:00 WIB.

Dalam webinar nasional dengan mengangkat tema Accounting Education Engineering as a Response to Future Industrial and Enviromental Change ini tampil sebagai Keynote Speaker Prof Dr Dian Agustia MSi, Ak CA. (Ketua IAIKAPd & Dewan Penasehat APSSAI) dengan 4 narasumber Dr Tarjo SE MSI CPAI, CFE (Universitas Trunojoyo Madura), Dr Siti Maria Wardayati MSi Ak CA CPA CSRS (Universitas Jember), Ayu Chairina Laksmi SE M.App.Com M.Res PhD Ak CA (Universitas Islam Indonesia) dan Dr Sc (Acc) Damai Nasution SE MSi Ak CA (Universitas Airlangga).

Menurut Drs Dekar Urumsah S.Si, M.Com (IS) PhD CFrA, Ketua Program Magister Akuntansi UII, dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Jumat 4 Maret 2022, webinar ini membahas berbagai analisis, perspektif dan hasil riset dari para akademisi. Webinar ini bertujuan antara lain untuk menjadi forum ilmiah bagi para akademisi dalam mengkaji isu-isu terkini di bidang accounting education, menggali
informasi terkait arah strategi di bidang accounting education dalam upaya menjawab tantangan perubahan lingkungan industri dan mengevaluasi dan memberikan solusi konkrit terkait accounting education engineering di masa yang akan datang.

Dikatakan, di era revolusi industri 4.0 ini, langkah digitalisasi dapat dilihat hampir pada setiap kehidupan sosial. Teknologi digital mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan modern, dari individu hingga masyarakat, dari ekonomi hingga sosial budaya sehingga mengubah tatanan dunia di berbagai aspek kehidupan. Teknologi, ekonomi dan paradigma yang berubah dengan cepat, sehingga berbagai profesi dipaksa untuk berubah sesuai dengan tatanan perubahan lingkungan yang sangat cepat dan organisasi profesional juga terpaksa mencari model pendekatan baru.

“Di seluruh dunia saat ini, digitalisasi untuk menunjang profesi sudah menjadi kebutuhan. Profesi yang tidak sesuai dengan perubahan teknologi pasti akan tertinggal atau ditinggalkan,” kata Dekar.

Seperti halnya pada profesi lain, profesi akuntansi juga berubah dan berkembang sebagai akibat dari digitalisasi dan perkembangan teknologi. Akibat adanya sistem komputerisasi, beban kerja akuntan telah berkurang; transaksi akuntansi yang rumit dan sulit dilakukan dengan menggunakan metode tradisional dibuat dengan mudah dan cepat

Kebutuhan akan digitalisasi dan transformasi menjadi keharusan untuk masa depan akuntansi. Metode akuntansi tradisional (seperti paper, receipts, registration, declaration, notification dan lain-lain) pada akhirnya akan dilakukan oleh sistem akuntansi berbasis internet (seperti
cloud system dan teknologi blockchain), bahkan sudah datang plafform digitilasi baru semacam metaverse yang juga tentu akan memaksa lingkungan bisnis, termasuk di dalamnya berbagai profesi untuk juga beradaptasi.

Menurut Dekr, di era digital saat ini, profesi akuntansi membutuhkan model yang mampu menjawab perubahan dan perkembangan teknologi dalam proses digitalisasi dan transformasi digital, sehingga profesi akuntan lebih efektif dan egile. Mengingat perkembangan dan perubahan
teknologi, pemodelan ini harus mempersiapkan profesi akuntansi untuk masa depan yang lebih siap menghadapi tantangan dan perubahan dengan menguatkan paradigma di bidang-bidang seperti pendidikan, budaya, dan teknologi.

“Melalui Webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi S2 Akuntansi Indonesia (APSSAI) bekerja sama dengan Prodi Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah DIY serta seluruh Program Studi S2 Akuntansi seluruh Indonesia ini diharapkan akan menemukan jawaban atas berbagai persoalan tersebut,” kata Dekar. (*/lip)



spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments