Home News Apakah Anda Mendapatkan Dana Bantuan Modal BPUM? Ini Cara Mudah untuk Mengecek...

Apakah Anda Mendapatkan Dana Bantuan Modal BPUM? Ini Cara Mudah untuk Mengecek Informasinya

17727
0
Ratusan warga mengurus pencairan bantuan BPUM di Kantor Kas BRI depan Kampus Instiper Maguwoharjo, Depok, Sleman, Rabu (21/10/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Sejak pemerintah mencairkan dana bantuan modal melalui program Bantuan Presiden atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), banyak warga bertanya-tanya apakah saya dapat atau tidak. Bahkan banyak yang langsung berbondong-bondong ke bank untuk mengecek.

Apalagi bantuan tersebut langsung dimasukkan ke rekening penerima melalui bank penyalur BPUM yakni BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri sesuai rekening penerima. Bantuan yang diterima sebesar Rp 2,4 juta.

Namun, banyak yang kecele karena ternyata mereka tidak mendapatkan bantuan tersebut. Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui atau mendapatkan kepastian informasi bahwa Anda mendapat atau tidak dana bantuan dari program BPUM sebesar Rp 2,4 juta itu.

(Baca juga : Ratusan Warga Berjubel Cairkan Bantuan BPUM Rp 2,4 Juta)

Ada dua jalur informasi yang mudah diakses. Pertama, penerima mendapatkan notifikasi melalui SMS dari BRI-INFO. Kedua, bila tidak mendapat notifikasi atau pemberitahuan melalui SMS Anda bisa mengecek langsung melalui e-FORMBRI.

Notifikasi atau pemberitahuan melalui SMS BRI-INFO bagi penerima bantuan modal BPUN. Foto : Fitri Yanti

Dan bagi mereka yang menerima SMS dari BRI-INFO ikuti petunjuk yang disampaikan melalui SMS tersebut. SMS dari BRI-INFO berbunyi : Nsbh Yth. Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan silakan hubungi BRI terdekat dengan membawa eKTP.

Saat menerima notifikasi atau pemberitahuan melalui SMS tersebut dari BRI-INFO, 7 Oktober 2020, Fitri Yanti SR, warga Perumahan Citra Ringin Mas Blok D-42 Dusun Karangmojo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY, sempat tidak percaya dan menganggap hal itu hoaks.

“Awalnya saya mau hapus SMS itu karena saya pikir itu hoaks. Namun, keesokan pagi sekitar jam 10.00 saya ke customer service BRI Tajem dan dicek KTP/NIK saya. Ternyata benar saya mendapat bantuan modal BPUM. Kemudian saya dikasih surat pengantar untuk mengurus pencairan ke BRI Kalasan Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta,” kata Fitri Yanti kepada Bernasnews.com, Kamis (22/10/2020).

Cara mengecek bantuan BPUM melalui e-FORMBRI dengan mengisi nomor KTP atau NIK dan kode verifikasi. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Sementara bagi mereka yang tidak mendapat SMS dari BRI-INFO, bisa mengecek langsung melalui link : e-formbri.go.id/bpum. Cukup mengisi/menulis nomor KTP/NIK dan kode verifikasi yang sudah tertera lalu diisi di kolom sebelah kanan kemudian klik Proses Inquiry.

Dengan hanya mengecek ke e-FORMBRI dengan mengisi nomor KTP/NIK dan kode verifikasi langsung bisa diketahui Anda menerima atau tidak menerima bantuan BPUN. Ini contoh jawaban bagi mereka yang menerima bantuan. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Bagi mereka mendapatkan bantuan BPUM akan keluar jawaban : Nomor eKTP terdaftar sebagai penerima dana BPUM an….(nama penerima, red) dengan nomor rekening…..(nomor rekening penerima, red). Dan untuk verifikasi dan pencairan hubungi kantor BRI terdekat membawa eKTP.

(Baca juga : SMS dari BRI-INFO Sempat Dianggap Hoaks, Ternyata Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta dari Program BPUM)

Sementara bagi mereka yang tidak mendapatkan bantuan BPUM, akan mendapatkan jawaban : Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.

Contoh jawaban bagi mereka yang tidak menerima bantuan BPUM yang dicek melalu e-FORMBRI. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Lestari, warga Jalan Bun Ngali Nomor 8 Dabag, Condongcatur, Depok, Sleman, mengaku mengecek informasi penerimaan bantuan BPUM melalui link e-formbri.go.id/bpum. Dengan menulisnomor KTP/NIK di kolom yang tersedia dan mengisi kode verifikasi yang sudah tertera di kolom sebelah kanan, keluar jawaban bahwa nomor eKTP-nya terdaftar sebagai penerima dana BPUM.

Lestari, warga Dabag, Condongcatur membawa formulir berisi data pribadi untuk mencairkan dana bantuan modal BPUM, Rabu (21/10/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Alhamdulillah, saya menerima bantuan dana BPUM. Saya pun langsung mengurus di Kantor Kas BRI Maguwoharjo depan Kampus Instiper,” kata Lestari saat ditemui Bernasnews.com di depan Kampus Instiper Maguwoharjo, Rabu (21/10/2020).

Setelah mengisi formulir berisi data-data pribadi dan membawa eKTP, Lestari pun bisa mencairkan dana bantuan BPUM sebesar Rp 2,4 juta. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here