Home News Apa itu Komunitas Diecaster?

Apa itu Komunitas Diecaster?

1198
0
Komunitas Diecaster Yogyakarta gelar kopdar, Jumat (7/2/2020), di Kafe Avocado, Jalan Langenastran Lor, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Siapa sangka mainan mobil-mobilan ini hanya sebatas dolanan anak-anak bawah lima tahun (balita), pada kenyataan orang dewasa pun masih suka jenis mainan ini, bahkan menjadi koleksi dan ajang adu kreasi. Adalah Komunitas Diecaster Yogyakarta ketika gelar ajang pertemuan (kopdar), Jumat (7/2/2020), di Kafe Avocado, Jalan Langenastran Lor, Yogyakarta.

Suasana penuh santai menghiasi kopdar anggota Komunitas Diecaster Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Diecast itu adalah mainan (mobil-mobilan) yang terbuat dari logam atau besi namun berskala lebih kecil dibanding yang lainnya. Kebanyakan mobil-mobil yang kami koleksi berskala atau ukuran 1,64 tapi ada yang lebih besar dengan skala 1,43,” terang Sulistiyo selaku Ketua Komunitas Diecaster Yogyakarta saat ditemui Bernasnews.com di venue.

Lebih lanjut Sulistiyo menambahkan, untuk diecast yang berskala kecil ini merek produknya juga terbatas. Sementara untuk komunitas diecster sendiri di Yogyakarta cukup banyak. Ada komunitas diecaster yang lebih senior, seperti Diecaster Migunani yang berbascamp di Jalan Kaliurang, Diecaster Mataram. Kadang-kadang keanggotaannya pun sama, sebab berprinsip tambah akeh sedulur (tambah banyak saudara).

Koleksi diecast atau mobil-mobilan milik anggota komunitas yang diparkir layaknya sebuah parkiran mobil. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Komunitas Diecaster Yogyakarta sendiri baru berdiri baru dua tahun, pada tanggal 4 Juni 2018. Mulanya bertemu di sebuah toko sama-sama beli diecast, jumlah keanggotaannya berkisar 160 orang, berbascamp di Avocado sini dan kopdar sekali setiap bulan pada hari Jumat pertama. Soal duplikasi kenggaotaan dengan komunitas lain nggak masalah karena tambah akeh sedulur,” imbuhnya.

Ketua Komunitas Diecaster Yogyakarta, Sulistiiyo (berdiri baju hitam) sedang menunjukkan bentuk asli diecast dan pernak-pernik hiasannya. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Menariknya sebagai diecaster itu seperti layaknya bengkel custom mobil, seperti menggantikan roda, modifikasi mobil menjadi ceper atau berbeda dengan bentuk aslinya dari pabrik, pengecatan ulang (repaint), pasang tekal atau stiker, hingga pemasangan pernik- pernik penghias lainnya. Hobi mainan diecast adalah hobi yang bukan main-main karena bernilai ekonomis.

“Keunikan sebuah diecast bisa menjadikan nilainya lebih mahal dari harga bentuk asli dari pabrikan. Bahkan bisa sampai jutaan untuk di Jakarta apabila diecast itu diproduksi terbatas atau limited edition. Selain kopdar untuk silaturahmi dan terkadang jual beli, kegiatan lainnya Komunitas Diecaster Yogyakarta membuat event lomba dan bakti sosial,” ujar Sulistiyo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here