Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsAntisipasi PMK, Petugas Bubarkan Pedagang di Pasar Hewan di Gunungkidul

Antisipasi PMK, Petugas Bubarkan Pedagang di Pasar Hewan di Gunungkidul

bernasnews.com – Petugas gabungan Dinas Perdagangan Dinas Peternakan dan juga aparat kepolisian terpaksa membubarkan pedagang yang berjualan hewan ternak di luar pagar Pasar Hewan Siyonoharjo Kalurahan Logandeng, Playen, Gunungkidul. Pembubaran oleh petugas tersebut dilakukan pada Kamis (2/6/2022) pagi.

Para pedagang diminta untuk berjualan di rumah masing-masing menyusul penutupan pasar hewan di seluruh Kabupaten Gunungkidul. Sebagaimana diketahui pasar hewan di Gunungkidul ditutup setelah adanya temuan puluhan hewan ternak yang terjangkit virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Seorang pedagang asal Playen, Waldiyanto mengatakan bahwa ia sudah mengetahui rencana penutupan pasar hewan Siyonoharjo dan pasar hewan lainnya. Akan tetapi ia mencoba peruntungan dengan tetap datang. Alhasil ia datang dengan kecewa lantaran tak bisa berjualan ditambah kerugian yang mereka tanggung.

“Kami harus menanggung biaya pakan lebih besar. Belum ongkos angkut ke sini,” papar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantono meminta masyarakat bersabar akan penutupan ini. Dia menjelaskan bahwa penutupan pasar hewan di Gunungkidul lantaran untuk mengantisipasi PMK dengan melakukan sterilisasi.

“Sabar dulu. Kami ingin memastikan semua aman,” ujar dia.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments