Home News Antisipasi Penularan Covid-19, Ketua RT-RW Se-Kota Yogyakarta Diperintahkan Pantau Pendatang

Antisipasi Penularan Covid-19, Ketua RT-RW Se-Kota Yogyakarta Diperintahkan Pantau Pendatang

137
0
Tugu Jogja ikon Pariwisata Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka mengantisipasi terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), maka diperintahkan kepada Camat, Lurah, Ketua RW dan RT se-Kota Yogyakarta untuk melakukan pemantauan terhadap pendatang/ pemudik yang melalukan perjalanan lintas provinsi selama H-14 peniadakan mudik, masa peniadakan mudik dan H+7 peniadakan mudik (22 April – 24 Mei 2021), Walikota Yogyakarta H. Haryadi Suyuti menerbitkan Surat Edaran Nomor 451/1772/SE/2021, pada tanggal 3 Mei 2021.

Salah satu poin dalan Surat Edaran itu adalah mengatur tugas Ketua RW bersama Ketua RT dalam hal terdapat warga pendatang/ pemudik yang melakukan perjalanan lintas provinsi, agar diperintahkan untuk melakukan pelaporan kedatangan secara mandiri melalui aplikasi corona.jogjakarta.go.id dengan mencantumkan Nama dan NIK induk semang, yakni warga ber-KTP kelurahan setempat atau Ketua RT/ RW, serta menunjukkan Surat Keterangan Bebas COVID-19 Asli dari Rumah Sakit/ Dokter/ Instansi yang berwenang kepada Ketua RT/ RW setempat.

Bagi pendatang/ pemudik yang tidak dapat mengakses internet, maka diperintahkan untuk segera melapor ke Ketua RT/ RW dengan menyampaikan Nomor Identitas, Nama, Nomor Telepon/ Handphone, Alamat KTP, Daerah Asal Kedatangan, Tanggal Tiba dan Rencana Lama Tinggal, serta menunjukkan Surat Keterangan Bebas COVID-19 Asli dari Rumah Sakit/ Dokter/ Instansi yang berwenang, kemudian Ketua RT/ RW menyampaikan data pendatang/ pemudik tersebut ke Kelurahan untuk di-entrikan dalam aplikasi corona.jogjakarta.go.id.

Melakukan karantina/ isolasi mandiri di rumah yang didatangi selama 5X24 jam dan tidak melakukan aktivitas keluar rumah, bagi pendatang/ pemudik yang tidak dapat menunjukkan Surat Keterangan Bebas COVID-19 Asli dari Rumah Sakit/ Dokter/ Instansi yang berwenang. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here