Home News Antisipasi Covid-19 dan Nyamuk DBD, RW 08 Suryoputran Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan...

Antisipasi Covid-19 dan Nyamuk DBD, RW 08 Suryoputran Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan PSN

632
0
Warga RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta melakukan penyemprotan disinfektan dan PSN, Minggu (5/4/2020), dalam upaya pencegahan Covid-19 dan DBD. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pengurus RW 08 Suryoputran kembali menyelenggarakan penyemprotan disinfektan dalam upaya pencegahan wabah Covid-19 dan pencegahan sarang nyamuk (PSN), Minggu (5/4/2020), di lingkungan yang terbagi dalam wilayah administrasi RT 24 sampai dengan RT 28, RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

“Kegiatan penyemprotan ini hasil kerja sama dan koordinasi dengan Pengurus Kampung Suryoputran atas inisiasi Ketua Kampung, H. Bandrio Utomo, SE. Sedangkan untuk lingkup RW 08 sendiri, penyemprotan ini sudah keempat kalinya, yang pertama hari Rabu (25/3/2020), penyemprotan dilaksanakan setiap hari Minggu dan Rabu,” terang Ketua RW 08 Suryoputran, Seno Pratomo.

Ketua RW 08 Suryoputran, Seno Pratomo (kiri) sedang melakukan pengawasan penuangan bahan disinfektan pada alat penyemprot (sprayer) oleh warga RT 27, Bayari. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan secara mandiri dan swadaya oleh warga, menurut Seno Pratomo, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari gotong royong dan kebersamaan seluruh warga dalam menghadapi wabah Covid-19 (Corona). “Pengadaan bahan disinfektan, alat penyemprot, konsumsi, serta gagasan dan ide semuanya dari warga. Termasuk dalam edukasi tentang protokol kesehatan sesuai surat edaran Walikota Yogyakarta maupun imbauan Gubernur DIY,” ujar Seno.

Lanjut Seno menambahkan, dalam edukasi tentang Covid-19 dan kebijakan pemerintah dilakukan melalui media sosial grup whats app (WA). “Masing-masing RT telah mempunya grup WA sehingga memudahkan untuk komunikasi maupun diskusi. Kegiatan penyemprotan ini selain berkelanjutan juga harus ada peningkatan kualitas. Nggak nyangka minuman susu pun ternyata penting bagi petugas penyemprot dan pembuat oplosan disinfektan, itu semua masukan dari warga,” imbuhnya.

Seksi Pembuatan Disinfektan sedang melaksanakan tugasnya. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Kelurahan Siaga (Kesi) Kelurahan Panembahan, Putu Agung, bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan dalam rangkaian pencegahan Covid-19 jangan sampai melupakan untuk melakukan sekalian pencegahan sarang nyamuk (PSN) dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Karena saat ini musim penghujan, penyemprotan juga sekalian melasanakan PSN dengan cara menguras atau membuang air yang menggenang di bekas kaleng, pot tanaman, dan benda-benda yang lain yang dimungkinkan sebagai sarang nyamuk. Kita harus waspada selain corona, juga ada ancaman demam berdarah dengue (DBD) melalui gigitan nyamuk,” kata Putu Agung, Ketua Kesi dan sebagai Ketua RT 27 Suryoputran. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here