Home News Antisipasi Corona, Ormas di Lereng Merapi Bangun Lumbung Pangan

Antisipasi Corona, Ormas di Lereng Merapi Bangun Lumbung Pangan

351
0
Warga menerima bantuan sembako. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM – Wabah virus corona yang kini menyebar di beberapa daerah di Indonesia belum diketahui secara pasti kapan berakhirnya. Beberapa sektor terdampak akibat wabah virus corona ini. Salah satu daerah yang terdampak adalah lereng Gunung Merapi. Alhasil, sebuah organisasi sosial masyarakat di Kaliurang membuat gerakan lumbung pangan mandiri untuk ketahanan sosial.

Gerakan yang mengusung #lumbungmasyarakatmandiri ini menggandeng warga kaliurang baik barat, timur hingga selatan, warga Ngipiksari, pegiat wisata, sekaligus pecinta lingkungan merapi. Aksi ini sejatinya dilakukan untuk mempersiapkan wilayah Kaliurang khususnya akan dampak terburuk dari mewabahnya virus corona.

“Karena daerah Kaliurang yang mayoritas adalah penggiat wisata, dengan adanya corona ini sangat terasa dampaknya. Makanya pagar merapi kita buat minimal untuk ketahanan pangan kampung Kaliurang,” jelas Rendi Patria, pegiat Pagar Merapi, Senin (30/3/2020).

Persediaan beras di lumbung pangan di Lereng Gunung Merapi. (Foto: Istimewa)

Pagar Merapi merupakan yakni organisasi bentukan masyarakat lereng Gunung Merapi. Menurutnya, situasi saat ini masih tak menentu. Kepanikan mungkin terjadi akibat wabah virus corona ini.

Warga memborong bahan makanan yang membuat stok pangan menjadi kosong. Hal ini tentu merugikan masyarakat. Oleh karenanya, bersama dengan organisasi masyarakat serta warga setempat, kemungkinan terburuk perlu dipersiapkan salah satunya dalam hal ketahanan pangan.

“Kegiatan ini untuk merubah mainset masyarakat kita harus gotong royong. Untuk yang punya sembako lebih kita kumpulkan untuk masyarakat yang nantinya pasti akan butuh juga,” lanjutnya.

Salah seorang warga Kaliurang lain, Heri Giarto, mengatakan bahwa langkah ini juga menanggapi atas aksi lockdown di kampung-kampung untuk mencegah penularan COVID-19. Nantinya lumbung pangan ini menjadi hal yang diharapkan saat masyarakat ada di tengah situasi krisis.

Terkait persediaan lumbung yang disediakan di barak pengungsian Kaliurang Barat, Pakem, Sleman ini, nantinya akan menyimpan beberapa bahan pokok milik warga yang berlebih. Kebutuhan sembako seperti beras, minyak, gula, dan beberapa bahan pokok lainnya dapat disalurkan warga di posko.

“Pokoknya kita fokuskan ke pangan. Dan harapan kami nantinya juga ada bibit-bibit sayuran maupun tanaman yang sifatnya bisa cepat panen. Kita perbantukan ke warga, supaya timbul gerakan menanam tanaman pangan per rumah rumah supaya ketahanan pangan mandiri bener terbentuk,” ungkap Heri.


Ia pun memberikan kesempatan pada warga di lereng Merapi untuk menuju posko guna meminta bantuan pangan. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here