Home News Anggota KPK RW 08 Suryoputran Ikuti Bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Anggota KPK RW 08 Suryoputran Ikuti Bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan

573
0
Ketua KPK RW 08 Seno Pratomo (kanan) secara simbolis menerima bibit dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY dalam rangka bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Hortikultura, Kamis (22/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Sejumlah 25 anggota Kelompok Pertanian Kota (KPK) RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Hortikultura yang diselanggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kamis (22/10/2020), di nDalem Probodikaran, Kampung Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Ketua Kelompok Petani Kota (KPK) RW 08 Suryoputran saat menyampaikan sambutan dalam acara Bimtek oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kamis (22/10/2020), di nDalem Probodikaran, Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kegiatan bertajuk “Halamanku Sumber Panganku” tersebut, diinisiasi oleh Anggota DPRD DIY Komisi B, RM. Sinarbiyat Nujanat, SE berupa kegiatan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dalam rangka peningkatan produksi dan pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat. Hadir sebagai narasumber, Huda Rahmawti, SP dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY dan Sutrisno, SST selaku PPL dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Yogyakarta.

“Gagasan pemanfaatan lahan untuk ketahanan pangan setahun lalu sebelum pandemi Covid-19 telah dilakukan, diawali dengan menyelenggarakan pelatihan berkebun menghadirkan praktisi perkebunan. Kemudian bertepatan hari ibu, 22 Desember 2019 dideklarasikan pembentukan Kelompok Petani Kota (KPK),” ungkap Seno Pratomo selaku Ketua KPK dan Ketua RW 08 Suryoputran dalam sambutannya.

Suasana Bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Hortikultura yang diselanggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kamis (22/10/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Dikatakan, bahwa pembentukan KPK itu selain bertujuan sebagai penghijauan wilayah RW 08 Suryoputran yang dapat merambah ke seluruh Kampung Suryoputran, sehingga menjadi kampung flori. “Juga sebagai upaya ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi warga. Kebetulan ada pasar sehingga sayuran atau buah-buahan dari hasil KPK dapat dijual,” terang Mantan Anggota DPRD Kota Yogyakarta Tahun 2014 itu.

Anggota Komis B, DPRD DIY RM. Sinar Biyatnujanat, SE (Foto: Dok. Pribadi)

Sementara itu, RM Sinar Biyatnujanat di tempat terpisah berpesan agar peserta bimtek dapat memanfaatkan sebaik-baiknya edukasi dan pemberian fasilitas berupa bibit tanaman Lombok, serta media tanam dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY tersebut. “Berharap kegiatan bimtek ini tidak hanya berhenti pada peserta saja, namun bisa dikembangkan lebih lanjut pada seluruh warga kampung di Suryoputran,” tegas Politisi dari Partai Gerindra itu.

Suasana praktek menyemai benih tanaman lombok dalam kegiatan bimtek oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Kegiatan bimtek dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY diselenggarakan dari tanggal 21 – 27 Oktober 2020, dengan 10 lokasi kegiatan, tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan diinisiasi langsung oleh Anggota Komisi B, DPRD DIY.

Usai pelaksanaan bimtek seluruh peserta anggota KPK RW 08 Suryoputran foto bersama dengan nara sumber dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, serta dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Pemanfaatan lahan pekarangan perlu dikemas menjadi model diversifikasi, menghasilkan produk pertanian yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan, mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Juga sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan budaya menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga sumber benih/ bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here