Home News Anggota DPRD Kota Yogyakarta Rifki Listianto Minta Pemkot Dukung Sekber Relawan Kemantren...

Anggota DPRD Kota Yogyakarta Rifki Listianto Minta Pemkot Dukung Sekber Relawan Kemantren Berupa APD dan Ambulans Puskesmas

228
0
Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PAN Rifki Listianto, SSi. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Beberapa hari terakhir penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Yogyakarta meningkat secara signifikan dan menyebabkan hampir seluruh wilayah kelurahan masuk dalam zona merah. Demikian disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PAN Rifki Listianto, SSi.

“Pelaksanaan hari kesepuluh PPKM Darurat, angka Covid-19 di Kota Yogyakarta masih merangkak naik, belum bisa menekan untuk menurunkan angka tersebut. Sehingga kondisi di lapangan masih banyak warga yang terpapar Covid melakukan isoman (isolasi mandiri) di rumah-rumah bagi yang tidak bergejala,” terang Rifki Listianto kepada Bernasnews.com, Selasa (13/7/2021).

Dikatakan, shelter-shelter penampungan yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakart penuh semua, beberapa rumah sakit di Kota Yogyakarta pun juga mengalami hal yang sama. “Semua elemen warga sudah bahu membahu berkerjasama mengatasi kondisi pandemi ini. Juga sudah banyak memfungsikan KTB  (Kampung Tanggap Bencana) yang terbentuk di kampung-kampung sebagai relawan Covid-19,” ungkapnya.

Permasalahan yang muncul di lapangan, lanjut Rifki Listianto, adalah minimnya prasarana dan sarana untuk mendukung relawan dalam melakukan pekerjaannya antara lain APD (Alat Perlindungan Diri) Standar dan Mobil Ambulan untuk sarana tranportasi.

Relawan dari Komunitas Panembahan Semanak Yogyakarta (KPSY) bagian dari Sekber Relawan Kemantren Kraton Yogyakarta saat akan melaksanakan penyemprotan disekfetan pada rumah warga terpapar Covid-19, di Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta. (Dok. Bernasnews.com)

“Banyak contoh kasus munculnya Sekber (Sekretariat Bersama) Relawan di tiap- tiap kemantren se-Kota Yogyakarta yang selalu kerepotan dalam melaksanakan tugasnya karena keterbatasan sanpras tersebut,” terang Sekretaris Komisi B, DPRD Kota Yogyakarta itu.

Dengan melihat kondisi tersebut, Rifki Listianto mengusulkan kepada Pemkot Yogyakarta dapat memberikan supporting full terhadap kegiatan-kegiatan relawan untuk membantu ketugasannya. APD yang berstandar harus bisa di-support dari BPBD Kota Yogyakarta. Jangan sampai kehabisan dan mobil ambulan yang ada di tiap-tiap puskesmas se Kota Yogyakarta dapat dikerjasamakan dengan Sekber Relawan Kemantren selama 24 jam.

 Sehingga permasalahan di mana warga isoman yang terpapar Covid-19 bisa ditangani secara cepat apabila diperlukan harus dirawat di rumah sakit. “Kita sangat berterimakasih kepada kelompok-kelompok elemen masyarakat yang sudah membantu dalam penanganan Covid ini baik secara moral dan mareriil. Kami berharap pandemi ini segera berakhir,” pungkas Wakil Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Yogyakarta itu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here