Home Olahraga Andhita Juara Catur Bantul Cup

Andhita Juara Catur Bantul Cup

707
0
Peringkat 3 besar putra putri bergambar bersama panitia penyelenggara, di bangsal rumah dinas Bupati Bantul, Minggu (8/11/2020). Foto : Sutanto

BERNASNEWS.COM – Pecattur dari Bantul Andhita Wicaksono tampil sebagai juara dalam Turnamen Catur Bantul Cup 2020 setelah sampai berakhirnya babak ke-9 mampu mengemas poin 7,5. Sementara peringkat 2-3 ada;ah M.Aditya Farhan (Banguntapan) dan Michael Anggit Prasaja (Pajangan). Ketiganya berhak atas trophy tetap dan uang pembinaan.

Sekum Pengkab Percasi Bantul Drs Sutanto menjelaskan, turnamen yang berlangsung dua hari (7-8/11/2020) di bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul diikuti 46 peserta terdiri 37 putra dan 9 putri menggunakan sistem swiss 9 babak catur cepat 15 menit increment 5 detik.

“Sebenarnya banyak pecatur yang ingin berpartisipasi, namun karena masih dalam masa pandemi covid-19 peserta dibatasi hanya 46. Semua hari mengikuti protokol kesehatan : datang cuci tangan, di ukur suhu tubuhnya, menggunakan masker. Meja satu dengan lainnya juga diberi jarak lebih dari satu meter. Prokes memang harus ketat, karenanya turnamen kali inipun harus dengan ijin resmi dari gugus covid Kabupaten Bantul,” terang Sutanto.

Sekum Pengkab Percasi IBantul DRs Sutanto (tengah) mengamati jalannya pertandingan di salah satu papan. Foto : Istimewa

Ketua Bidang Binpres Pengkab Percasi Bantul selaku Ketua Panitia Mz.Ramoes menambahkan, Turnamen Catur Bantul Cup digelar untuk menyeleksi tim bayangan Porda cabor catur. Untuk memperoleh tim yang solid dan berkualitas seleksi akan diadakan sebanyak tiga kali. Menurut rencana seleksi kedua akan digelar sekitar April 2021, dan seleksi ketiga kisaran Agustus 2021.

“Dalam seleksi ini ada peringkat sepuluh besar mendapatkan poin secara berjenjang.Juara satu (10), juara dua (9), juara 3(8) dan seterusnya sampai peringat 10 (1 poin). Pemberian poin ini berlaku juga untuk seleksi tahap kedua maupun ketiga. Dan pada akhir seleksi tahap ketiga akan diketahui siapa yang masuk tim bayangan secara tetap,” imbuh pria yang akrab dipanggil Pak Jack.

Andhita Wicaksono saat menundukkan pecatur Kretek Rafi Kurniawan. Foto : Istimewa

Adapun hasil kejuaran selengkapnya adalah, kelompok umum. Peringkat  4 – 10 adalah : Prasetio Budi ,MP (Kasihan), Sudarno (Kasihan), Rusli Sayudi (Pandak), Daryono (Bantul), M.Haidar Daffa (Pandak), Rafi Kurniawan (Kretek), Riswantara (Banguntapan).

Kelompok putri, peringkat 1-3 adalah Annastya Adreyani Eka Suci (Banguntapan), Ghina Wintang Alfiana (Piyungan) dan Bintang Permata Hati. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here