Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeTechnologyAMIKOM Menghadirkan Pakar Robot dari Jepang

AMIKOM Menghadirkan Pakar Robot dari Jepang

BERNASNEWS.COM — Society 5.0 telah dideklarasikan oleh Jepang, tanggal 21 November 2019. Era ini menekankan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan termasuk robot di dalamnya, untuk meningkatkan kenyamanan kehidupan manusia. Tidak mau ketinggalan, pada hari yang sama, Kamis (21/11/2019), Universitas AMIKOM Yogyakarta menghadirkan pakar robotika dari Jepang untuk menceritakan tentang Computational Intelligence for Cognitive Robotics. Demikian disampaikan oleh Kepala Humas AMIKOM Amikom Erick Hadi Saputra, SKom, MEng.

Suasana sharing bersama Prof. Naoyuki Kubota, PhD di Kampus Universitas AMIKOM Yogyakarta.
(Foto: Dok. Humas Amikom)

Berbagai konsep tentang kecerdasan buatan telah dijelaskan oleh Prof. Naoyuki Kubota, PhD, seorang professor dari Tokyo Metopolitan University (TMU). “Selain itu beberapa contoh penerapan kecerdasan buatan dalam bidang robotika juga ditunjukkan dengan gamblang melalui berbagai video dokumentasi hasil penelitian dari Profesor yang memiliki Scopus H-Index 23 itu,” terang Erick.

Sharing diberikan kepada dosen dan mahasiswa terutama mahasiswa pascasarjana dan mahasiswa internasional class. Kegiatan juga disharing online melalui teleconference untuk dapat diikuti oleh mahasiswa S2 Informatika Program Pendidikan Jarak Jauh yang posisinya tersebar di berbagai daerah di luar Yogyakarta.

Dr. Kusrini, MKom, Direktur Pascasarjana AMIKOM sedang menyampaiakn paparannya. (Foto: Dok. Humas Amikom)

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Kusrini, MKom, Direktur Pascasarjana AMIKOM juga memaparkan berbagai produk hasil penelitian dosen dan mahasiswa AMIKOM tentang kecerdasarn buatan. Setelah pertemuan ini, lebih lanjut Erick menjelaskan, akan ditindaklanjuti dengan kerjasama kolaborasi penelitian antara AMIKOM dengan TMU Jepang.

“Kolaborasi penelitian ini diharapkan semakin memperbaiki kualitas penelitian dosen dan mahasiswa AMIKOM, sehingga produk hasil penelitiannya juga dapat berdampak tidak hanya bagi perkembangan ilmu pengetahuan tetapi juga bagi kesehjahteraan masyarakat,” tegasnya. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments