Home News Alun-alun Kidul Yogyakarta Dipasangi Lampu Highmast Tambah Terang dan Indah

Alun-alun Kidul Yogyakarta Dipasangi Lampu Highmast Tambah Terang dan Indah

809
0
Alun-alun Kidul Yogyakarta dipasangi tiang dan lampu highmast. Foto diambil, Rabu (11/12/2019). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman melaksanakan kegiatan pengelolaan penerangan jalan umum, di Alun-alun Kidul, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Kegiatan tersebut berupa pemasangan tiang lampu highmast di sisi timur dan sisi barat lapangan.

Petugas sedang mengecek kabel dan pelistrikan tiang lampu highmast di sisi sebelah barat Alkid, Rabu (11/12/2019). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Petugas Penerangan Jalan Umum (PJU)  Kota Yogyakarta, Inung, Rabu (11/12/2019), kepada Bernasnews.com saat ditemui di lokasi mengatakan, bahwa persiapan pemasangan tiang lampu tersebut dilakukan tiga minggu lalu.

“Karena untuk pemasangan tower lampu terlebih dahulu harus dipersiapkan cor beton sebagai dudukan atau tempat pancang tiang lampu ,” terang Inung.

Papan bestek proyek pemasangan lampu highmast yang dipasang di lokasi. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sebagai petugas PJU, Inung menjelaskan bahwa dirinya hanya sebatas mengirimkan mobil genset listrik untuk mencoba nyala lampu highmast dengan jenis lampu Light Emitting Diode (LED) yang sinar lampunya sangat terang namun suplai listriknya cukup rendah.”Genset ini hanya sebagai uji coba, selanjutnya listrik dari PLN,” ungkapnya.

Berdasar papan penjelasan bestesk yang terpasang di dekat tiang lampu sisi barat, nilai kontrak pemasangan lampu sebesar Rp 1.063.604.000 sebagai pelaksana kontrak adalah PT. Gama Tekno Trust,  beralamatkan di Jalan P. Mangkubumi, Yogyakarta, dengan masa pelaksanaan 40 hari.

Tiang lampu highmast di sisi barat dalam tahap pemasangan lampu. (Tedy Kartyadi/ Berenasnews.com)

Pada malamnya Bernasnews.com menyempatkan berkunjung ke Alun-alun Kidul untuk melihat situasi terkini adanya lampu highmast, tampak lapangan rumput dan lingkungan terlihat terang dibanding sebelum pemasangan baru lampu higmast. Hal ini pun juga dibenarkan oleh Didik Sanjaya pemilik lapak kuliner Nasi Goreng Bu Ning ,di Alun-alun Kidul (Alkid).

“Alkid kini tampak lebih terang dan indah. Pengunjung pun terlihat lebih nyaman untuk duduk di tengah lapangan. Sinar lampu yang baru juga nyampai utara di Kemandungan, mungkin karena tiang lampunya tinggi,” ujar Didik. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here