Home News Altar dan Alkid Yogyakarta Tidak Diselenggarakan Sholat Idul Fitri 1442 H, Warga...

Altar dan Alkid Yogyakarta Tidak Diselenggarakan Sholat Idul Fitri 1442 H, Warga Gelar Secara Mandiri di Kampung

197
0
Pemasangan spanduk oleh PHBI Prov DIY, Selasa (11/5/2021), di Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Seperti halnya Alun-alun Kidul (Alkid) penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1422 H juga ditiadakan di Alun-alun Utara (Altar), Kota Yogyakarta. Hal itu diumumkan melalui spanduk yang dipasang oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi DIY, Selasa (11/5/2021), di pagar keliling Alun-alun Utara, yang berbunyi “Di Alun-alun Utara Tidak Diselenggarakan Sholat Idul Fitri 1422 H”.

Seperti telah diketahui, bahwa Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kemantren Kraton Yogyakarta melalui surat pemberitahuan yang viral di beberapa grup whatsapp pengurus kampung, Senin (26/4/2021), memutuskan meniadakan penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1442 H, di Kagungan nDalem Alun-alun Kidul (Alkid), Kota Yogyakarta.

Surat yang ditanda tangani oleh Ketua I PHBI Kemantren Kraton Much Muzani dan Sekretaris I Sri Muryadi, serta diketahui oleh Kepala Kemantren Kraton Yogyakarta Drs. S. Widodo Mujiyatno merupakan hasil tindak lanjut silaturahmi antara PHBI Kemantren Kraton dan Kepala Kemantren Kraton Yogyakarta, Senin, 12 April 2021, di Ruang Widya Praja.

Kagungan nDalem Alun-alun Kidul (Alkid) Kraton Yogyakarta. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

Sementara itu, atas tidak diselenggarakan Sholat Idul Fitri 1442 H di kagungan nDalem Alun-alun Kidul dan Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta tersebut, ada beberapa wilayah kampung di Kemantren Kraton yang menyelenggarakan secara mandiri dengan memanfaatkan halaman-halaman rumah warga.

Berdasar pantauan Bernasnews.com, Selasa (18/5/2021) sementara tercatat dan terdaftar oleh Kemantren Kraton, penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1442 H yang digelar oleh warga atau kampung, meliputi Kelurahan Patehan terdapat 9 tempat, Kelurahan Panembahan terdapat 8 tempat, dan Kelurahan Kadipaten terdapat 5 tempat.

Dalam Surat Rekomendasi Izin yang ditandangani oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kemantren Kraton Mantri Pamong Praja Kraton Drs. S. Widodo Mujiyatno, bahwa untuk dapat menyelenggarakan kegiata Sholat Idul Fitri 1442 pada hari Kamis 2021, jam 07:00 WIB sampai selesai dan wajib melaksanakan protokol kesehatan.

“Wajib memakai masker, jaga jarak minimal 1 meter, menyediakan tempat cuci tangan di lokasi acara dan jumlah yang mengikuti kegiatan 50 orang. Surat Rekomendasi Izin ini dapat ditinjau kembali dengan memperhatikan perkembangan keadaan. Tim Satgas Covid-19 Kraton akan melaksanakan pemantauan saat pelaksanaan kegiatan,” tegas Widodo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here