Home News Aksi Sosial Kafegama DIY Cegah Covid-19

Aksi Sosial Kafegama DIY Cegah Covid-19

373
0
Penyerahan bantuan 1000 paket oleh Kafegama DIY kepada Disperindag Kota Yogyakarta untuk didistribusikan kepada pedagang pasar. (Foto: Dok. Humas Kafegama DIY)

BERNASNEWS.COM — Wabah virus Corona (Covid-19) telah menyebar hampir seluruh wilayah di Indonesia. Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun merupakan salah satu wilayah yang terkena wabah virus tersebut. Pemerintah daerah dan masyarakat juga telah melakukan kegiatan yang dianjurkan oleh pemerintah pusat yaitu, social and physical distancing, penyemprotan disinfektan, cuci tangan dan menggunakan masker, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsusmi makanan sehat, dan tinggal dirumah (Work for Home dan Study for Home).

Pengepakan 1000 paket bantuan berupa handsatitizer, masker dan multivitamin untuk pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Humas Kafegama DIY)

Berkenaan dengan kegiatan penyemprotan disinfektan ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah pasar tradisional yang dikelola. Penyemprotan tersebut dilakukan secara bergilir sejak minggu lalu hingga saat ini masih berlangsung.

Bogat AR selaku  Ketua Keluarga Alumni Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Gadjah Mada (Kafegama) DIY, kepada Bernasnews.com, Selasa (31/3/2020), menjelaskan bahwa pihaknya mendukung kegiatan penyemprotan disinfektan di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

Putut Prwandono (kiri) selaku pengurus Kafegama DIY menyerahkan bantuan bahan disinfektan kepada Disperindag Kota Yogyakarta diwakili salah satu staf. (Foto: Dok. Humas Kafegama DIY)

“Kami langsung membuka donasi untuk mengumpulkan dana, dalam waktu tiga hari terkumpul dana yang bisa digunakan untuk membantu penyemprotan di sejumlah pasar tradisional. Bantuan yang diberikan oleh Kafegama DIY hanya sebagian kecil dari kebutuhan disinfektan untuk melakukan penyemprotan di seluruh pasar tradisional yang dikelola oleh Disperindag Kota Yogyakarta,” ungkap Bogat.

Tambah Bogat, dana yang berhasil dikumpulkan tidak hanya untuk mendukung kegiatan penyemprotan namun  juga untuk aksi sosial yang lain yaitu, memberikan bantuan kepada pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Bantuan tersebut berupa satu paket berisi, Hand Sanitizer, Masker, dan Multiviatmin. Sudah disiapkan 1.000 paket yang akan didistribusikan kepada pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

“Bantuan  yang diberikan oleh Kafegama DIY sangat membantu operasional penyemprotan disinfektan di sejumlah pasar tradisional di Kota Jogja,” ujar Gunawan Nugroho Utomo mewakili Disperindag Kota Yogyakarta.

Sekretaris Kafegama DIY, Y. Sri Susilo (kanan) menyerahkan Disinfektan kepada Gunawan mewakili Disperindag Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. Humas Kafegama DIY)

Sementara itu Humas Kafegama DIY, Y. Sri Susilo, menjelaskan bahwa paket bantuan sudah diserahkan kepada perwakilan Disperindag Kota Yogyakarta, Senin (30/03/20) kemarin. Dan selanjutnya akan didistribusikan kepada pedagang pasar tradisional.” Kafegama DIY masih menerima donasi seluruh anggota Kafegama dan masyarakat untuk Aksi Sosial selanjutnya,” terangnya.

Donasi dapat dikirim ke nomor rekening Bank BNI No Rek: 0182678817 dan Bank BCA No Rek: 8465030387 a/n  Dhani Dwi Astuti. Konfirmasi donasi hubungi Dhani melalui whats app (WA) 0817 545 3738. Hasil pengumpulan donasi akan digunakan untuk memberikan bantuan sembako kepada Buruh Gendong pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

“Aksi sosial untuk Buruh Gendong ini bekerjasama dengan ISEI Cabang Yogyakarta. Sithik ora ditampik, akeh soyo pikoleh,” demikian harapan Y. Sri Susilo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here