Friday, May 20, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiAkselerasi Digitalisasi Jasa Keuangan, Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Akselerasi Digitalisasi Jasa Keuangan, Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

bernasnews.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah umum dengan topik ‘Akselerasi Digitalisasi Sektor Jasa Keuangan untuk Mendukung Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru’, yang diselenggarakan hybrid yaitu kombinasi luring dan daring, Senin (14/3/2022).

Kegiatan luring (offline) diselenggarakan di Kampus Universitas Brawijaya. Sedangkan kegiatan daring (online) diselenggarakan di beberapa kota antara lain Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bengkulu, Kupang dan kota lainnya.

“Peserta kuliah umum di Yogyakarta diwakili oleh 20 mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan 15 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),” terang Dosen FBE UAJY, Y. Sri Susilo dalam rilisnya, Selasa (15/3/2022).

Ketua Dewan Komisaris OJK Prof. Wimboh Santosa, Ph D mengungkapkan, bahwa akselerasi atau percepatan digitalisasi sektor jasa keuangan diperlukan untuk mendukung sumber pertumbuhan ekonomi baru. “OJK telah menterapkan kebijakan untuk pengembangan dan percepatan implementasi ekosistem digital di sektor jasa keuangan,” tegas Prof Wimboh, yang juga sebagai Guru Besar FEB UNS.

Dikatakan, kebijakan tersebut adalah, (1) Mendukung pemanfaatan teknologi digital di sektor jasa keuangan untuk memberikan layanan dan produk keuangan dengan cepat, murah. dan
kompetitif.. (2) Memperluas akses masyarakat yang unbankable terutama pelaku UMKM, dan sektor informal kepada produk dan layanan keuangan digital.

“OJK juga telah berupaya mendorong digitalisasi di sektor jasa keuangan,” kata Prof Wimboh. Upaya terswebut antara lain, (1) Meningkatkan kolaborasi antara lembaga jasa keuangan dengan start-up dalam sebuah wadah OJK Infinity. (2) Mengimplementasikan kebijakan yang akomodatif danantisipatif melalui penerapan prinsip “Light Touch and Safe Harbor”. (3) Meningkatkan akses keuangan serta memperkuat perlindungan konsumen di era digital.

“Berkaitan dengan kebijakan dan upaya digitalisasi tersebut, OJK juga melakukan penguatan kebijakan transformasi digital di sektor jasa keuangan,” paparnya.

Kepala OJK DIY Jimmy Parjiman (Tengah Kiri) didampingi Dosen FBE UAJY Y. Sri Susilo foto bersama mahasiswa FBE UAJY usai kegiatan kuliah umum. (Foto: Istimewa)

Penguatan tersebut, menurut Prof Wimboh, meliputi (1) Pengembangan ekosistem ekonomi digital dalam meningkatkan akses masyarakat ke produk dan jasa keuangan dengan harga yang lebih murah, kualitas yang lebih baik, dan akses yang cepat. (2) Penguatan manajemen risiko atas penggunaan teknologi informasi di sektor jasa keuangan.

“Ketiga, memberikan kemudahan untuk penyediaan produk dan layanan digital serta kolaborasi Lembaga Jasa Keuangan dengan pihak lain dalam menyediakan layanan digital,” tegasnya.

Sementara Jimmy Parjiman selaku Kepala OJK DIY menjelaskan, bahwa kuliah umum diselenggarakan secara rutin bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk sosialisasi kebijakan dan program kerja OJK.

“OJK juga siap mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kuliah Merdeka (MBKM) bagi PTN/ PTS di Yogyakarta,” tegas Jimmy.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Y. Sri Susilo yang mengatakan, bahwa kuliah umum yang digelar oleh OJK patut didukung oleh PTN/ PTS untuk meningkatkan pemahaman literasi dan inklusi keuangan bagi mahasiswa. Pihaknya selaku dosen pendamping mahasiswa UAJY berharap ke depan frekuensi kuliah umum OJK lebih banyak dislenggarakan,  baik secara daring maupun luring.

Dalam kesempatan tersebut Justin Myer, Mahasiswa FBE UAJY sebagai peserta kuliah umum mengungkapkan, bahwa peserta kuliah umum memperoleh tambahan pengetahuan dan informasi yang terkait dengan kebijakan dan program kerja OJK.

“Fasilitas bagi peserta kuliah umum juga sangat baik, dari fasilitas tes antigen, sertifikat, materi, snack dan makan siang, dan cindera mata,” ujar Justin, mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments