Home News Akibat Merebaknya Covid-19, Wisata Alkid Yogyakarta Ditutup Sementara

Akibat Merebaknya Covid-19, Wisata Alkid Yogyakarta Ditutup Sementara

398
0
Odong-odong berhias lampu warna warni telah menjadi ikonnya wisata malam di Alun-alun Kidul (Alkid), Kota Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Beredar secara viral surat Ketua Satgas Covid-19 Kemantren Kraton Mantri Pamong Praja Kraton Drs. S Widodo Mujiyatna, tertanggal 29 Juni 2021 yang menyatakan, seluruh pelaku usaha yang berada di Kagungan Alun-alun Kidul (Alkid), Yogyakarta, bahwa mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 14 Juli 2021 kegiatan usaha/ jualan diliburkan.

“Surat itu berlaku untuk seluruh pelaku usaha baik pagi, siang, sore dan malam di Alkid. Meskipun untuk hari pertama di pagi hari ini masih ada yang beraktifitas, kita juga toleransi karena mungkin sudah memasak dagangannya dan tidak paham adanya surat itu,” ungkap Widodo Mujiyatna saat dikonfirmasi Bernasnews.com, Kamis (1/7/2021).

Pelaku usaha Alun-alun Kidul Yogyakartayang masih bandel membuka lapak, Kamis (1/7/2021) pagi, dilakukan pembinaan oleh Satpol PP Kemantren Kraton, Yogyakarta. (Foto: Kiriman S Widodo Mujiyatna)

Dikatakan, bahwa tadi Kamis (1/7/2021) pagi, sempat rekan kerja dari Satpol PP Kemantren Kraton ngaruhke (inspeksi) kepada pelaku usaha yang masih membuka lapaknya baik pelaku usaha yang menetap di Alkid, maupun pelaku usaha yang mobile atau berpindah-pindah tapi mangkal di wilayah Alun-alun Kidul.

Surat edaran itu merupakan hasil tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Juni 2021, yang diikuti oleh Penghageng Kawedanan Hageng (KH) Panitrapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Ketua Satgas Vovid-19 Kota Yogyakarta, Penghageng II KHP Puraraksa, Forkopim Kemantren Kraton, Puskesmas Kraton, Lurah Patehan, serta disposisi surat dari Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura.

“Mengenai kegiatan selanjutnya akan dibahas dan dikoordinasikan lebih lanjut antara Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan Pemerintah Kota Yogyakarta,” kata Mantri Pamong Praja Kraton itu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here