Home News Kraton Jogja dan Tempat Wisata Milik Kraton Ditutup Sementara karena Kasus Covid-19...

Kraton Jogja dan Tempat Wisata Milik Kraton Ditutup Sementara karena Kasus Covid-19 Merebak

310
0
Kagungan Dalem (milik Sultan) Taman Sari, yang belokasi di Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta ini termasuk salah satu tempat yang ditutup sementara oleh Kraton Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Beredar viral surat yang diterbitkan oleh Karaton Ngayogyakarta Hadiningratan – Kawedanan Hageng Panitripura, Kamis (24/6/2021), di media sosial terutama grup-grup whatsapp (WA) warga di wilayah nJeron Beteng Kraton Yogyakarta, Kemantren Kraton, Yogyakarta.

Surat berbahasa Jawa kromo hinggil khas untuk komunikasi di dalam kraton itu, ditanda tangani oleh GKR. Condrokirono selaku Penghageng (Bhs. Indonesia, Petinggi) Kawedanan Hageng Panitripura yang menyatakan, bahwa tempat pariwisata Kraton Yogyakarta, tanggal 26 Juni 2021 sampai dengan tanggal 2 Juli 2021, ditutup untuk wisata umum.

Surat dari Kraton Yogyakarta yang berisi perihal penutupan tempat wisata kagungan dalem, Kamis (24/6/2021), viral di grup-grup whatsapp warga nJeron Beteng Kraton Yogyakarta. (Foto: Repro WA)

“Tempat pariwisata yang ditutup sementara meliputi Kagungan Dalem Pagelaran, Museum Kereta, Keben dan Museum Kraton, Taman Sari, serta Puroloyo (Makam) Imogiri dan Kotagede,” jelas GKR. Condrokirono.

Dikatakan GKR. Condrokirono, bahwa penutupan tempat wisata milik Kraton Yogyakarta tersebut atas titah dan kehendak Sri Sultan HB selaku Raja Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. “Penutupan itu dikarena situasi untuk menjaga kesehatan keluarga besar Kraton Yogyakarta Hadiningrat, serta warga masyarakat Jogja dari penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Surat dengan berkop serta cap stempel berlambang Kraton Yogyakarta tersebut saat dikonfirmasi Bernasnews.com kepada pihak kraton, dalam hal ini Staf Tanda Yekti Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, bahwa surat yang tengah viral di media sosial dinyatakan kebenarannya bersumber dari kraton. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here