Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsACT DIY Semarakkan Pemotongan Hewan Kurban di Kulon Progo

ACT DIY Semarakkan Pemotongan Hewan Kurban di Kulon Progo

BERNASNEWS.COM – Pemotongan hewan kurban dan pendistribusian daging digelar secara serentak di berbagai wilayah di Indonesia pada momen Idul Adha, Minggu (11/8/2019). Semarak perayaan kurban pun kental terasa di Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

Global Qurban-ACT DIY menyembelih sebanyak 95 ekor kambing untuk dibagikan kepada warga Desa Banjarasri. Penyembelihan hewan kurban dibantu oleh warga Banjarasri. Mereka berbaur dari berbagai kampung di Banjarasri untuk ikut terlibat dalam proses penyembelihan, pencacahan hingga pendistribusian.

Nasrudin, anggota tim ACT DIY mengatakan, sebanyak 95 kambing kurban tersebut disembelih oleh jagal profesional. Setelah itu, proses pengulitan hingga pencacahan dibantu warga sekitar. “Selain warga, para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) juga turut membantu. Mereka menyiapkan hewan dari peternakan hingga dikirim ke lokasi penyembelihan,” ungkap Nasrudin, dalam keterangan tertulisnya kepada Bernasnews.com, Senin (12/8/2019).

Kambing yang disembelih untuk wilaya DIY berasal dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Blora, Jawa Tengah. Pengiriman dilakukan sejak tiga pekan lalu yang kemudian ditampung dan dirawat di kandang ternak Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Hingga mendekati hari raya Idul Adha, sekitar seribu ekor kambing kurban kemudian dikirim ke lokasi penyembelihan di berbagai titik di Provinsi DIY.

Nasrudin menambahkan, penyembelihan dilakukan hingga Rabu (14/8/2019). Hal ini dilakukan karena jumlah kambing yang disembelih di DIY cukup banyak, hampir seribu ekor.

Kambing yang dikurbankan dan dagingnya akan dibagikan ke masyarakat di Yogyakarta, Minggu (11/8/2019). (Foto: Istimewa)

“Hari ini saja penyembelihan dilakukan di tiga lokasi di Kulon Progo, yaitu di Kecamatan Kalibawang, Samigaluh dan Panjatan dengan total sekitar 250 ekor kambing,” tambahnya.

Lokasi pendistribusian dan penyembelihan hewan kurban merupakan lokasi yang masih banyak penduduk prasejahtera. Mereka juga masih jarang mengonsumsi daging karena keterbatasan ekonomi. Selain itu, Global Qurban-ACT juga menyasar wilayah terdampak kekeringan, misalnya Kabupaten Gunungkidul. Pendistribusian dan penyembelihan hewan kurban di Gunungkidul dilaksanakan pada Senin (12/8/2019). (nun/adh)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments