Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsACT Beri Penghargaan Legenda Voli Indonesia

ACT Beri Penghargaan Legenda Voli Indonesia

BERNASNEWS.COM – Tim Global Zakat-ACT memberikan tanda penghargaan kepada atlet veteran Indonesia di daerah Serpong, Tangerang Selatan. Penghargaan berupa bantuan dana ini merupakan program lanjutan tahap kedua kerjasama Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Kitabisa.com dan Grab Indonesia. Program yang bertajuk ‘Penghargaan Atlet Veteran tahun 2019’ bertujuan untuk menghargai perjuangan para atlet veteran yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Pascal Wilmar, salah seorang atlet voli, mengungkapkan bahwa voli sudah menjadi bagian hidupnya. Awalnya Pascal berlatih di Akademi Maluku hingga akhirnya bisa menembus Universiade, olimpiade untuk mahasiswa dari seluruh dunia, pada tahun 1991 di Inggris dan 1993 di Amerika Serikat. Atas berbagai pengalaman yang ada, setelah pensiun dari dunia voli ia bertekad untuk membina Klub Maluku tanpa dibayar.

“Saya bisa jadi pemain juga karena latihan yang mereka berikan, atas motivasi yang mereka berikan. Jadi dari situ, akhirnya saya punya niat, bahwa saya tidak mau dibayar tapi saya bantu anak-anak [red: Klub Maluku] ini. Walaupun mereka tidak menjadi pemain nasional, kalau mereka bisa bermain bagus, setidaknya bisa masuk SMA dan kuliah dengan jalur prestasi, misalnya,” terang Pascal.

Banyaknya fenomena veteran yang hidup sulit pascapensiun membuat Pascal menilai perlu adanya pembinaan dan pendidikan di samping menjadi atlet semata. Oleh karenanya, kini sembari melatih ia terus membina dan memotivasi para pemainnya untuk melanjutkan pendidikan juga.

Ia pun merasa prihatin dengan kehidupan para atlet veteran di sejumlah daerah. Di kota-kota besar, para atlet bisa hidup dengan cukup, tetapi ketika pulang ke kampong halamannya, mereka kesulitan untuk mencari pekerjaan.

“Semoga penghargaan yang sudah diberikan dapat menambah kebahagiaan para atlet,” ujar Dayani, Tim Program ACT.

Pascal berharap, tim voli putra dapat melesat maju hingga ke kancah internasional. Ia selalu berpesan agar para atlet voli tidak fokus pada olahraga belaka. (adh)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments