Home Seni Budaya Acara Padusan Unik Bersama Transformers dan Iron Man

Acara Padusan Unik Bersama Transformers dan Iron Man

334
0
Warga Perumahan Alam Asri Giwangan Yogyakarta menggelar Padusan Unik Bersama Super Hero, Kamis (23/4/2020). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Padusan atau bersuci dengan mandi atau berendam bersama di kolam renang, telaga, dan sungai jelang bulan Ramadan merupakan produk budaya yang telah menjadi ritual tahunan dalam mengawali ibadah puasa, khususnya dalam masyarakat Jawa. Dalam kondisi maraknya wabah COVID-19 kegiatan padusan yang berarti pengumpulan massa di suatu tempat jelas tidak mungkin untuk dilakukan.

Penyerahan bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19 secara ekonomi di sekitar Perumahan Alam Asri Giwangan Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Hal itu tidak berlaku bagi warga Perumahan Alam Asri Giwangan Yogyakarta yang mempunyai kreasi unik dalam menyambut datangnya bulan Ramadan dengan menggelar ritual Padusan Unik Usir Corona dan Baksos, Kamis (23/4/2020). Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia, RM. Ryan Budi Nuryanto, SE, kepada Bernasnews.com melalui keterangan tertulis.

“Ajang ini untuk mengkampayekan ayo kita patuhi imbauan pemerintah bersama-sama kita usir Covid-19 ini dari muka bumi dan sekaligus melestarikan tradisi masyarakat Jawa. Padusan yang digelar sehari sebelum menjalankan ibadah puasa, adalah sarat makna yaitu untuk simbol membersihkan diri baik jiwa maupun raga,” ungkap Ryan Budi Nuryanto.

Peserta padusan unik disemprot air oleh tokoh wayang Gatotkaca di dalam kolam air plastik sebagai sara relaksasi. (Foto: Istimewa)

Lanjut Ryan, sebelum acara dimulai oleh petugas dilakukan pengukuran suhu badan, pemakaian masker dan headsanitizer dan berjarak satu meter tiap peserta sekaligus dijelaskan cara mencuci tangan yang benar sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid-19.

Kemudian dilanjut acara bakti sosial pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu diseputaran Perumahan Alam Asri Giwangan Yogyakarta oleh Jeremy Santoso dan Giri Sasongko sebagai pengurus dan satgas Covid-19.

Penyerahan bantuan sembako oleh Jeremy Santoso dan Giri Sasongko sebagai pengurus dan satgas Covid-19 Perumahan Alam Giwangan Asri Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Acara ini unik karena selain dengan SOP pencegahan wabah Covid-19 (Corona), juga melibatkan tokoh Super Hero yaitu, Gatotkaca,Transformers, dan Iron Man, menurut Ryan, karena Covid-19 ini musuh dunia dan tidak terlihat. “Maka kita gunakan Super Hero ini sebagai lambang perlawanan bersama dengan segala kekuatan yang dimiliki baik berupa saint, teknologi maupun tradisional dengan harapan Covid-19 ini hilang dari muka bumi,” ujarnya.

Peserta padusan dibilas dengan shower air yang sehat dan bebas virus terstandar yang disediakan panitia. (Foto: Istimewa)

Padusan Unik ini dibagi menjadi tiga tahap dengan mandi antri satu persatu dan berjarak. Tidak diperkenankan mandi bareng atau bersama-sama dan harus antri satu-satu hingga tahap ketiga. Tahap pertama, Super Hero dengan semprotan air menembak para peserta padusan. Tahap kedua, untuk menghilangkan rasa penat dan relaksasi warga perumahan diajak bermain di kolam plastik buatan secara bergantian dengan air yang sudah seteril.

“Tahap ketiga atau terakhir, peserta padusan diantar oleh Gatotkaca dan Super Hero mengantri dibilas dengan shower air yang sehat dan bebas virus terstandar yang disediakan panitia. Kegiatan ini hanya diperuntukan untuk warga perumahan. Warga juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan dua kali setiap minggu,” tutup Ryan Budi Nuryanto. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here