Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaAcara Nikah Bareng dengan Mahar Satu Kilogram Salak Pondoh di Tempat yang...

Acara Nikah Bareng dengan Mahar Satu Kilogram Salak Pondoh di Tempat yang Unik

bernasnews.com – Dalam rangka mangayubagya Hari Jadi Ke-106 Kabupaten Sleman dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional, FORTAIS Indonesia (Forum Ta’aruf Indonesia), Sewon, Bantul bekerjasama dengan berbagai pihak serta didukung oleh Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (PPY), beberapa Makeup Artist, menggelar acara ‘Nikah Bareng Merapi Unik 7 Pasang Pengantin Ijab Qobul di Kebun Salak’, Kamis (19/5/2022), bertempat Kemuning Kopi & Senja, Pulowatu, Pakem, Sleman, DIY.

Acara bertajuk Energy of Mountain Merapi juga didukung oleh bernasnews.com ini, dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang sekaligus membuka acara dan menjadi saksi nikah, Owner Kemuning Drs. H. Julianto, M.Si. dan Panewu Pakem Rakhmat Harianawan, SSos, MSi, serta disaksikan jajaran Forum Komunikasi Kapanewon Pakem dan puluhan keluarga pengantin dengan tetap menjalankan prokes.

Pasangan pengantin Agus Suyatno/ Sleman & Siti Aminah/ Sleman saat melangsungkan akhad nikah atqau ijab qobul di atas gejlik (pintu air), di wilayah Pakem, Kabupaten Sleman. (Foto: Kiriman Ryan)

“Kegiatan ini diadakan dengan tujuan ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat bersama untuk membangkitakan sektor ekonomi masyarakat dengan wedding destination,” terang Ketua FORTAIS Indonesia & Nikah Bareng Nasional RM. Ryan Budi Nuryanto, SE, usai acara.

Dikatakan, bahwa DIY ini kaya akan keindahan alam dan kulinernya. Acara ini sekaligus mengingatkan agar terus waspada terhadap penyebaran Covid-19 dan membangun solidaritas masyarakat di masa pandemi untuk bangkit bersama menuju endemi.

“Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Nikah Bareng berkonsep Wedding Destination, full fasilitas dan gratis. Silakan menghubungi FORTAIS Indonesia, masih kita buka untuk umum,” kata Ryan.

Pasangan pengantin Susia Fatia Anggraini, Sleman dan Setyo Setiawan, Sleman melangsungkan ijab qobul di sebuah grojogan di sebuah kali yang ada di wilayah Pakem, Sleman. (Foto: Kiriman Ryan)

Tata rias pengantin yang dipakai oleh tujuh pasangan tersebut ala tata rias pengantin Nusantara yaitu, Busana SBY Muslim pasangan Susia Fatia Anggraini dan Setyo Setiawan, Busana Kota Gadang pasangan Agus Suyatno dan Siti Aminah, Busana Palembang pasangan Krisna Adi Nugroho dan Anggita Zahra Aulia, Busana Lampung pasangan Ngadiyono dan Sumiyem, Busana Bugis pasangan Dwi Kartika Sari dan Surandi, Busana Batak Mandailing pasangan Giyanto dan Winarsih, dan Busana Sunda Sigar pasangan Supriyanti dan Darmono.

Prosesi ijab qobul dipimpin langsung oleh kepala KUA Pakem Edy Hermanto, S.Ag, secara bergantian dengan mahar yang sama berupa cincin kawin perak 4 gram dan salak pondoh 1 kilogram. Sementara pelaksanaan ijab qobul untuk masing-masing pasangan pengantin di tempat yang unik antara lain di hamparan kebun salak, gejlik (pintu air), dan grojogan. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments