Home News AC di Satu Gerbong Eksekutif KA Bangunkarta Tak Berfungsi, Penumpang Alami Dehidrasi

AC di Satu Gerbong Eksekutif KA Bangunkarta Tak Berfungsi, Penumpang Alami Dehidrasi

71
0
Suasana satu gerbong eksekutif KA Bangunkarta tampak sepi karena sebagian besar penumpang mencari tempat yang nyaman setelah AC di gerbong tersebut tidak berfungsi selama perjalanan dari Cirebon hingga Purwokerto, Kamis 18 November 2021. Foto: Dina

BERNASNEWS.COM – Sejumlah penumpang di satu gerbong kelas eksekutif Kreta Api (KA) Bangunkarta sempat mengalami dehidrasi akibat AC di gerbong kelas eksekutif KA tersebut tidak berfungsi atau rusak selama perjalanan dari Cirebon hingga Purwokerto, Kamis 18 November 2021. Karena tidak tahan dengan udara panas di gerbong tersebut, sejumlah penumpang berusaha mencari tempat yang dirasa aman dan nyaman.

KA Bangunkarta tersebut berangkat dari Pasar Senen menuju Jogja, Kamis 18 November 2021. Sejak dari Pasarsenen, AC di satu gerbong kelas eksekutif tersebut tidak seperti biasanya. Bahkan mulai dari Cirebon, AC sama sekali tidak berfungsi sehingga penumpang pun merasa kepanasan bahkan ada yang mengalami dehidrasi. Meski teknisi berusaha memperbaiki AC, namun gagal. AC baru kembali normal saat diperbaiki di Stasiun Purwokerto.

“Kereta Api kelas exekutif Pasar Senen-Tugu Yogya tanpa AC. KAI tidak menyediakan tenaga engineering yang mumpuni, penumpang satu gerbong mengalami kepanasan bahkan dehidrasi,” kata Dina, salah satu penumpang kelas eksekutif KA Bangunkarta, yang menghubungi Bernasnews.com melalui layanan pesan whatsapp pada Kamis, 18 November 2021 petang.

Humas PT KAI Daop 6 Supriyanto yang dikonfirmasi Bernasnews.com pada Kamis petang mengaku belum tahu kejadian tersebut dan ia meminta informasi detail mengenai hal itu (nama kreta, waktu perjalanan dan sebagainya) untuk diteruskan kepada pihak yang berwenang. Dan beberapa saat kemudian, Supriyanto menginformasikan kepada Bernasnews.com bahwa AC sudah diperbaiki di Purwokerto dan sudah kembali normal. “Informasi dari Purwokerto sudah diperbaiki di Purwokerto dan sudah normal,” kata Supryanto.

Hal ini dibernarkan Dina. “Sudah diperbaiki dan normal. Tadi AC tidak berfungsi sejak dari Cirebon hingga Purwokerto. Tadi sudah dapat penjelasan dari pihak KAI dan nanti semua penumpang di gerbong eksekutif akan diberi refund dari KAI,” kata Dina.

Menurut Dina, sejak dari Pasarsenen AC digerbong eksekutif itu tidak seperti biasanya. Dan makin ke timur malah tidak berfungsi sama sekali sehingga penumpang pun merasa kepanasan. Sehingga sebagian besar penumpang di gerbong eksekutif tersebut mencari tempat yang nyaman sehingga gerbong menjadi sepi.

Meski ada teknis yang berusaha memperbaiki AC namun tidak berhasil dan baru normal setelah diperbaiki di Purwokerto. KA Bangunkarta sendiri melayani rute Pasarsenen-Purwokerto-Yogyakarta-Jombang. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here