Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
Home8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

bernasnews.com – Membayar zakat fitrah adalah hal yang wajib bagi umat Muslim. Bahkan zakat adalah bagian dari rukun Islam yang paling penting setelah sholat.

Orang yang mengeluarkan zakat fitrah disebut muzakki. Sedangkan orang yang berhak menerima zakat disebut mustahik atau asnaf.

Dalam agama Islam, ada sejumlah golongan yang berhak zakat fitrah. Orang-orang penerima zakat fitrah tercantum dalam Al-Qur’an surat At Taubah ayat 60 yang berbunyi:

“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha bijaksana.”

Berikut detail golongan atau orang yang berhak menerima zakat fitrah:

Fakir
Golongan fakir merupakan orang yang memiliki harta sangat sedikit. Orang fakir juga tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Miskin
Mirip dengan golongan fakir, orang miskin juga berhak menerima zakat fitrah. Yang termasuk kategori ini ialah orang yang miskin masih memiliki harta namun hanya cukup untuk makan sehari-hari saja.

Amil
Golongan ketiga yang berhak menerima zakat fitrah ialah orang-orang yang mengurus zakat. Orang ini mengurus zakat dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.

Mualaf
Golongan selanjutnya ialah mualaf atau orang yang baru masuk Islam. Alasan mualaf termasuk dalam golongan inj agar mereka semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya.

Riqab/Memerdekakan Budak
Riqab adalah orang yang membayar atau membebaskan budak untuk dimerdekakan. Hal ini cukup sering terjadi di zaman dahulu.

Gharimin
Gharimin adalah orang yang berhak menerima zakat selanjutnya. Mereka adalah orang yang berutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.

Fi Sabilillah
Fi sabilillah adalah mereka yang melakukan sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Misal, pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi.

Ibnu Sabil
Ibnu Sabil merupakan sebutan musafir atau orang yang melakukan perjalanan jauh termasuk pekerja dan pelajar di tanah perantauan.

Itulah 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah yang perlu Anda ketahui. ***  ⁰

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments