Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikan7 Mahasiswa FH UII Dilepas untuk Mengikuti Program Mobilitas Internasional di Korsel...

7 Mahasiswa FH UII Dilepas untuk Mengikuti Program Mobilitas Internasional di Korsel dan Rusia

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 7 mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana dan Program Studi Hukum, Program Magister
Fakultas Hukum UII pada Selasa 25 Januari 2022 dilepas untuk mengikuti Program Mobilitas Internasional Program Transfer Kredit Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 di Korea Selatan (Korsel) dan Rusia.

Ke-7 mahasiswa tersebut adalah Muhammad Sulhan, Muhammad Rhayhan Zidane dan Veni Nur Setyaningsih, ketiganya adalah mahasiswa yang mengikuti Program Mobilitas Internasional di Youngsan University Korea Selatan. Kemudian, Wildan Amrillah Amrani (mahasiswa PSHPS), Arief Hasanul Husnan Nasution (mahasiswa PSHPS), Tazkiya Amalia Nasution (mahasiswa PSHPM) dan Rahadian DB Suwartono (mahasiswa PSHPM) ke Lobachevsky University Rusia.

Menurut Dekan FH UII Dr Abdul Jamil SH MH, ke-7 mahasiswa tersebut akan mengikuti program semester pendek selama 6 bulan, masing-masing 3 orang di Department of Law College of Creative Human Resources, Youngsan University, Korea Selatan dan 4 orang di Department of International Relations and World History, Lobachevsky University, Rusia. Menurut rencana mereka akan berangkat pada bulan Februari 2022.

Mahasiswa peserta Program Mobilitas Internasional ini terdiri atas 5 mahasiswa dari Program Studi Hukum Program Sarjana (S1) dan 2 mahasiswa dari Program Studi Hukum Program Magister (S2) FH UII. Sebanyak 3 mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana (PSHPS)
akan mengikuti program transfer kredit di Youngsan University Korea Selatan, sedangkan 2 mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana (PSHPS) dan 2 mahasiswa Program Studi Hukum Program Magister (PSHPM) FH UII akan mengikuti program transfer kredit di Lobachevsky
University, Rusia.

Menurut Abdul Jamil, Program Mobilitas Internasional menjadi program rutin Fakultas Hukum UII yang dilaksanakan setiap semester. “Program Mobilitas Internasional telah dilaksanakan di PSHPS sebagai salah satu wujud konsistensi Fakultas Hukum UII dalam melaksanakan program internasionalisasi. Selain Transfer Kredit, PSHPS dan PSHPM Fakultas Hukum UII juga menyelenggarakan Program Joint Degree atau Gelar Ganda sebagai wujud dari pelaksanaan Program Mobilitias Internasional,” kata Abdul Jamil, pada Selasa 25 Januari 2022.

Dikatakan, sejak lama Kerjasama FH UII dengan mitra di luar negeri sudah ada dan semakin meningkat, seperti Youngsan University, Coventry University, International Islamic University of Malaysia (IIUM), University of Western Australia, bahkan pada akhir tahun 2021 berhasil menjalin Kerjasama baru dengan Lobachevsky University salah satu kampus terbaik di Russia.

Sehingga pada awal tahun 2022 ini FH UII dapat mengirimkan beberapa mahasiswa untuk kuliah di sana selama 1 semester. “Dalam 4 tahun terakhir selama kepengurusan dekanat ini, alhamdulillah kita mencapai banyak peningkatan signifikan terutama terkait dengan international mobility. Dalam bidang akademik seperti double degree program, credit transfer program, riset bersama, dan banyak kegiatan lainnya,” kata Abdul Jamil.

Menurut Abdul Jamil, kali ini dilakukan pelepasan mahasiswa untuk melaksanakan Credit Transfer Program selama satu semester ke Youngsan University (Korea Selatan) dan Lobachevsky University (Russia). Youngsan University merupakan kampus yang sudah berdiri lama di Korea Selatan dan meraih banyak achievement dan terletak di salah satu kota besar yaitu Busan.

Sementara Lobachevsky University merupakan salah satu kampus terbaik di Russia dan terletak di kota nomor 4 terbesar dari Russia. “Beberapa waktu yang lalu kita sudah menyelenggarakan persiapan keberangkatan bagi semua peserta yang bertujuan untuk meningkatkan kemantapan dalam melaksanakan credit transfe program nantinya. Beberapa pembekalan tersebut disampaikan oleh pembicara dari dosen-dosen di fakultas hukum UII dan perwakilan dari IDI, kemudian dari Kantor urusan internasional, dan lain-lain. Kami ucapkan terima kasih kepada para pihak yang membantu yaitu Direktur Direktorat Kantor Urusan Internasional UII, embassy of Russian in Indonesia, pihak dari kampus-kampus yang dituju Youngsan University dan Lobachevsky University serta banyak pihak yang semua tidak dapat disebutkan satu-persatu,” kata Abdul Jamil. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments